IHSG Berpotensi Melemah Jelang Akhir Pekan, Berikut Penyebabnya

IHSG Berpotensi Melemah Jelang Akhir Pekan, Berikut Penyebabnya

ORBITNEWS.ID - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,90% ke level 6.058,08 pada perdagangan Kamis (26/8). Untuk perdagangan Jumat (27/8), analis memperkirakan IHSG berpotensi melemah secara teknikal.

Analis Erdikha Elit Sekuritas Regina Fawziah mengatakan, pelemahan IHSG pada Kamis (26/8) karena efek dari eksternal, yakni terkait pertemuan Jackson Hole di Amerika Serikat (AS) pada hari Jumat (27/8).

Simposium ini akan berisi penjelasan terkait pengurangan pembelian obligasi atau pengetatan likuiditas pasar (tapering) yang akan dilakukan beserta skema ke depannya oleh The Fed.

Pada simposium yang akan dilakukan The Fed pada akhir pekan ini juga akan mengevaluasi terkait kondisi penyebaran kasus Covid-19 di  AS, serta mengaitkannya dengan aktivitas ekonomi. Evaluasi ini akan mengetahui apakah kenaikan kasus mengganggu laju pertumbuhan ekonomi AS yang sudah hampir pulih atau tidak.

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, juga memprediksi bahwa IHSG masih akan mengalami tekanan pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya indeks sektor keuangan, infrastuktur, dan material dasar, tertekan lebih dari satu persen pada perdagangan kemarin," kata Lanjar dalam riset hariannya, Jumat (27/8).

Lanjar menjelaskan, investor melakukan aksi tunggu beberapa data ekonomi AS, sabagai petunjuk arah keputusan taper tantrum yang akan disinggung The Fed akhir pekan ini. Mereka juga mengkhawatirakan dampak dari taper tantrum terhadap capital outflow dan stabilisasi nilai tukar rupiah, di tengah badai Covid-19 Varian Delta.


Editor: Bondan

Komentar

Terkini