Kurangi Penggunaan Pupuk Kimia, Kementan Canangkan Demplot Uji Bahan Alami di Desa Getas

Kurangi Penggunaan Pupuk Kimia, Kementan Canangkan Demplot Uji Bahan Alami di Desa Getas

ORBIT NEWS, Blora - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan produksi pangan guna secara mandiri memenuhi kebutuhan dalam negeri, menguatkan kontribusi sektor pertanian terhadap perekonomian nasional dan kesejahteraan petani itu sendiri.

Namun demikian upaya ini akan jalan ditempat kalau dengan terobosan yang biasa-biasa saja, sehingga perlu pendekatan dengan cara baru atau inovasi yang tidak lagi mengandalkan pupuk kimia.

Berangkat dari hal tersebut, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada para petani dalam mengelola lahan pertanian dengan Teknik Biosaka dan Tanpa Pupuk Kimia.

Biosaka adalah salah satu sistem teknologi terbarukan dalam perkembangan dunia pertanian organik modern yang terbentuk sebagai bio-technology (biologi-teknolgi).

Melalui Direktur Jenderal Kementerian pertanian Republik Indonesia menggelar pencanangan Demplot uji bahan alami, di Desa Getas, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

Dalam kegiatan ini di hadiri oleh dirjen tanaman pangan kementerian pertanian Dr Ir suwandi M Si, Prof. Dr. Robert Manurung dari ITB, Prof. Dr. Iswandi Anas Chaniago dari IPB, Dr. Atris Suyantohadi, S.TP, MT dari UGM,Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar, serta para petani dari desa Getas.

Bupati Arief mengucapkan terimakasih kepada Kementerian RI , khususnya kepada Dirjen Tanaman Pangan, para akademisi, Kepala Dispertapa Kabupaten Blitar , yang sudah bersedia hadiri untuk berbagi ilmu dengan para petani di Getas.


Editor: red

Komentar

Terkini