Pemdes Tawangrejo Tetapkan APBDes Tanpa Tanda Tangan Ketua BPD

Pemdes Tawangrejo Tetapkan APBDes Tanpa Tanda Tangan Ketua BPD

Musdes Penetapan APBDes Tahun 2022 Desa Tawangrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora

ORBIT NEWS, Blora - Pemerintah Desa (Pemdes) Tawangrejo menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) di Kantor Balai Desa Tawangrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora tanpa tanda tangan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Rabu (25/05/2022).

Ketua BPD Desa Tawangrejo sengaja tidak menghadiri Musyawarah Desa (Musdes) tersebut karena merasa Pemerintah Desa (Pemdes) masih punya pekerjaan yang belum diselesaikan tetapi sudah mau mengadakan Musdes Penetapan APBDes.

Sawung, selaku Ketua BPD Desa Tawangrejo menjelaskan, "saya sengaja tidak menghadiri undangan Musdes Penetapan APBDes tersebut, karena saya tau masih banyak pekerjaan Pemdes yang belum di selesaikan, termasuk transparansi atau keterbukaan informasi publik terkait Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dari tahun 2019 sampai 2021," ucapnya, Selasa (07/06/2022).

"Beberapa anggota BPD juga ada yang merasa terpaksa menandatangani APBDes itu, karena juga mendapat desakan, jadi APBDes itu tidak ada tanda tangan Ketua BPD dan tidak ada Stempel BPD," imbuhnya.

"Tak hanya itu, Pemdes juga belum menyerahkan LKPPD tahun anggaran 2021, yang mana laporan pertanggungjawaban itu wajibnya diserahkan kepada BPD pada akhir tahun anggaran dan paling lambat tiga bulan setelah ankhir tahun anggaran, dan ini sudah masuk bulan enam, namun Kepala Desa belum juga menyerahkan LKPPD tersebut kepada BPD," imbuhnya lagi.

Parjana, selaku PAW Kepala Desa Tawangrejo saat dihubungi Erah awak media dari korandiva.co melalui whatsapp mengatakan, "Musdes Penetapan APBDes dihadiri oleh semua BPD kecuali BPD yang meninggal" ucap Kades Tawangrejo, Selasa (07/06/2022).

Perlu diketahui, BPD meminta haknya kepada Pemdes Tawangrejo berupa RAB mulai tahun anggaran 2019 sampai 2021, sesuai dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik No. 14 Tahun 2008, berkas tersebut sebagai arsip BPD juga bukti transparansi Pemdes Tawangrejo, namun sampai sekarang Pemdes Tawangrejo tidak mau menyerahkan RAB tersebut kepada BPD dengan dalih rahasia.


Editor: red

Komentar

Terkini