Kades Tawangrejo Belum Menyerahkan LKPPD Kepada BPD

Kades Tawangrejo Belum Menyerahkan LKPPD Kepada BPD

Kutipan Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 Tentang Laporan Kepala Desa

ORBIT NEWS, Blora - Berpedoman pada Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 Tentang Laporan Kepala Desa, maka dalam setiap akhir tahun anggaran, Kepala Desa wajib menyampaikan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD), paling lambat bulan Maret tahun berjalan.

Namun, di Desa Tawangrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Parjana selaku PAW Kepala Desa, sampai bulan Juni ini belum menyampaikan LKPPD tersebut kepada BPD Tawangrejo.

Dalam penyampaian LKPPD, Kepala Desa Tawangrejo wajib menyampaikan kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2021, yang tersusun dalam lima bidang, yaitu:

1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa
2. Bidang Pembangunan Desa
3. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan
4. Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa
5. Bidang Penanggulangan Bencana Keadaan Darurat dan Mendesak Desa

Sawung, selaku Ketua BPD Tawangrejo menyampaikan, "Kepala Desa wajib menyampaikan LKPPD itu kepada BPD setiap akhir tahun anggaran dan paling lambat tiga bulan setelah akhir tahun anggaran atau bulan Maret, tapi sampai sekarang sudah masuk bulan Juni Kepala Desa belum juga menyampaikan LKPPD kepada saya," jelasnya, Selasa (07/06/2022).

"Selain Pemerintah Desa Tawangrejo tidak mau transparan dengan memberikan RAB kepada BPD, belum diserahkannya LKPPD juga menjadi alasan saya belum mau menandatangani APBDes kemarin," imbuhnya.

Parjana, selaku PAW Kepala Desa Tawangrejo saat dihubungi awak media korandiva.co menyampaikan, "Berkas LKPPD masih dalam proses," ucapnya, Selasa (07/06/2022).


Editor: red

Komentar

Terkini