Gerakan Deteksi Dini PTM 2022 Blora Diintegrasikan SPM Skrining Usia Produktif di Fasyankes

Gerakan Deteksi Dini PTM 2022 Blora Diintegrasikan SPM Skrining Usia Produktif di Fasyankes

ORBIT NEWS, Blora - Dinas Kesehatan Kabupaten Blora telah menindaklanjuti Bulan Gerakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) 2022 di wilayah kabupaten setempat. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Edi Widayat, S.PD, M.KES, M.H melalui Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blora Joko Budi Heri Santoso, S.KEP, NERS, M.SI mengatakan kegiatan diintegrasikan dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) skrining usia produktif yang dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan/Puskesmas masing-masing di wilayah kerja. 

“Kegiatan diintegrasikan dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) skrining usia produktif yang dilaksanakan di fasilitas kesehatan/Puskesmas masing-masing di wilayah kerja,” jelasnya, Rabu (07/06/2022).

Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM berlangsung mulai 18 Mei sampai 18 Juni 2022. 

Pihaknya menjelaskan, sehubungan dengan Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 02.01/V/2358/2022 tentang Peringatan Hari Hipertensi Sedunia dan Gerakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM), maka diharapkan semua fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Blora melaksanakan upaya pencegahan dan dan pengendalian Hipertensi. 

“Yaitu, Berpatisipasi aktif dalam kegiatan peringatan Hari Hipertensi Sedunia Tahun 2022 dengan cara penyebarluasan informasi dan edukasi melalui media sosial, talkshow radio setempat, pemasangan spanduk/ poster terkait pentingnya melakukan pengukuran tekanan darah secara berkala, baik secara mandiri maupun fasilitas pelayanan Kesehatan,” terangnya. 

Kemudian, melakukan Gerakan deteksi dini faktor risiko PTM dimulai pada tanggal 17 Mei 2022, meliputi pemeriksaan antropometri, pengukuran tekanan darah, gula darah, pemeriksaan IVA sadanis serta pemeriksaan tajam penglihatan dan tajam pendengaran. 


Editor: red

Komentar

Terkini