Bupati Blora Launching Rumah Restorasi Justice

Bupati Blora Launching Rumah Restorasi Justice

ORBIT NEWS, Blora- Mengantisipasi tingginya potensi kerawanan kriminal umum di Kabupaten Blora, menginisiasi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Blora untuk mendirikan rumah restorative justice atau keadilan restoratif.

Rumah Restorasi Justice JAYANTAKA (Adil dan Bijaksana) secara langsung dilaunching oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S. IP, M. Si dengan ditandai pemukulan gong dan nota kesepahaman dengan didampingi sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Blora (Forkopimda Blora) di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (09/06/2022).

Acara ini dilakukan secara luring dengan diikuti oleh seluruh kepala OPD dan kepala desa se Kecamatan Blora, dan diikuti oleh seluruh kepala desa di wilayah Kabupaten Blora secara daring melalui zoom meeting.

Kepala Kejaksaan Negeri Blora Ichwan Effendi SH, menerangkan tujuan dibentuknya Rumah Restorasi Justice JAYANTAKA bertujuan untuk mengembalikan permasalahan yang pernah terjadi dan semua kembali seperti sebelum terjadi tindak pidana.

"RJ ini diharapkan bisa mengembalikan masyarakat untuk berdamai sehingga dengan damai secara iklas bisa terjadi kerukunan,dan mereka bisa hidup rukun kembali tanpa ada minder," ucapnya.

Ichwan menjelaskan lewat pendekatan dari rumah restorative justice nantinya menjadi solusi untuk memungkinkan penyelesaian beberapa perkara pelanggaran hukum (pidana umum ringan) dapat dilakukan tanpa harus sampai ke pengadilan.

"Setelah adanya rumah RJ ini diharapkan permasalahan bisa diselesaikan di tempat masing masing, kami juga berharap setelah dilaunching ini nantinya di masing - masing kecamatan bisa dibentuk satgas untuk menampung permasalahan yang ada," harap Ichwan.


Editor: red

Komentar

Terkini