DLH Dorong Pasar Tradisional di Blora Kelola Bank Sampah

DLH Dorong Pasar Tradisional di Blora Kelola Bank Sampah

ORBIT NEWS, Blora - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora mendorong pasar tradisional yang ada di wilayah setempat untuk mengelola bank sampah secara mandiri.

Hal itu disampaikan Kepala DLH Blora Istadi Rusmanto, ST., MM., melalui Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolaan Sampah, Pengendalian Bahan Berbahaya dan Beracun serta Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun DLH, Bayu Himawan, ST., MM.

“DLH Blora mendorong pasar tradisional untuk mengelola bank sampah,” ucap Bayu Himawan, Senin (13/06/2022).

Menurutnya, hal itu bukan tidak beralasan, sebab sampah yang ada di TPA Blora mengalami peningkatan, yang awalnya 70 ton per hari, sekarang  bisa mencapai 160 hingga 180 ton per hari. Hal itu disebabkan karena peningkatan pelayanan yang dilakukan DLH, melalui DLH Ramah, terus kemudian adanya Satgas sapu bersih sampah yang membersihkan sampah-sampah liar.

“Tentunya ini akan menambah jumlah sampah yang masuk di TPA. Kemudian kesadaran dari lingkungan yang mana mereka sudah melakukan pengelolaan sampah, tetapi tidak dimanfaatkan, hanya dikumpulkan kemudian dibuang ke TPA. Ini menyembabkan peningkatan jumlah sampah yang ada di TPA,” terangnya.

Ketika masuk di TPA, kata Bayu, ini akan menjadi masalah, maka perlu didorong bagaimana pengelolaan sampah bisa selesai dari sumber sampah.

“Dan sampah yang paling banyak, itu ada sampah pasar, khususnya pasar tradisional. Sehingga DLH berharap paguyuban pedagang di setiap pasar itu membentuk bank sampah,” sambungnya.


Editor: red

Komentar

Terkini