Puluhan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR Surabaya Bantu Penanganan PMK di Blora

Puluhan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR Surabaya Bantu Penanganan PMK di Blora

ORBIT NEWS, Blora - Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DP4) menerima kedatangan 30 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya untuk berinovasi dan berkolaborasi terhadap penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi di Blora. 

Mereka terdiri 10 dokter hewan Koas dan 20 mahasiswa lintas jurusan didampingi lima dosen pembimbing lapangan dan dua orang profesor. 

“Selama dua hari, yakni hari ini Senin (13/6/2022) hingga Selasa (14/6/2022) mereka dibagi dan diterjunkan ke 10 desa di 9 Kecamatan,” jelas Sekretaris DP4 Blora Hadi Praseno, S.Sos, mewakili Kepala DP4 Blora, drh. R. Gundala Wejasena,MP, Senin (13/06/2022). 

Selama dua hari mereka akan memberikan edukasi dan pengobatan ternak sapi di Desa Pengkolrejo Kec. Japah, Desa Nglengkir Kec. Bogorejo, Desa Kalen Kec. Kedungtuban, Desa. Gempolrejo Kec. Tunjungan, Desa Jati Kec. Jati, Desa Jiken Kec. Jiken, Desa Karanggeneng Kec. Kunduran, Desa Jegong Kec. Jati, Desa Talokwohmojo Kec. Ngawen dan Desa Sumber Kec. Kradenan. 

“Jadi ini sebagai kelanjutan MoU Pemkab Blora dengan Universitas Airlangga, maka UNAIR mengirimkan 30 mahasiswanya yang terdiri 10 mahasiswa koas dan 20 mahasiswa, 5 dosen 2 Profesor. Kedatangan mereka akan ditempatkan di 10 desa, 9 kec yang kasus suspect PMK-nya tinggi,” tambah Hadi Praseno. 

Di Desa Gempolrejo, Kecamatan Tunjungan, kedatangan sejumlah mahasiswa FKH UNAIR didampingi Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan drh. Tejo Yuwono. 

Bahkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Hariyanto, S.IP., M.Si bersama Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Luluk Kusuma Agung Ariadi ,AP, mengantarkan mahasiswa FKH Unair dengan mobil dinasnya ke Desa Gempolrejo. 


Editor: red

Komentar

Terkini