Sidang ke 2 Terdakwa Kades Beganjing Terkait Pemalsuan SK BUMDes, PN Blora Hadirkan 3 Saksi

Sidang ke 2 Terdakwa Kades Beganjing Terkait Pemalsuan SK BUMDes, PN Blora Hadirkan 3 Saksi

Terdakwa Mohammad Kasno selaku Kepala Desa (Kades), dan Muhammad Romli (Pendamping Desa) dari Desa Beganjing, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora hari ini menghadiri sidang ke dua terkait pemalsuan SK BUMDes

ORBIT NEWS, Blora - Terdakwa Mohammad Kasno selaku Kepala Desa (Kades), dan Muhammad Romli (Pendamping Desa) dari Desa Beganjing, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora hari ini menghadiri sidang ke dua terkait pemalsuan SK BUMDes, Selasa (12/07/2022).

Sebelumnya dua terdakwa tersebut, yakni Mohammad Kasno Kepala Desa (Kades), dan Muhammad Romli (Pendamping desa) dari Desa Beganjing tersebut sudah menjalani sidang pertama di Pengadilan Negeri Blora pada hari Kamis (07/07/2022).

Pada sidang kedua ini, Pengadilan Negeri Blora menghadirkan 5 saksi, namun 2 saksi tidak hadir dalam persidangan tersebut, sedangkan 3 saksi yang hadir dalam persidangan adalah Edi Puryono yang merupakan mantan Kepala Desa Beganjing sekaligus menjadi saksi utama dalam kasus tersebut, kemudian ada Lilik Nuryanto yang juga mengikuti seleksi Perades, dan Asih Kalimah Sunah yang merupakan peserta seleksi Perades juga.

Ketiga saksi tersebut menyampaikan keterangan yang sama dalam persidangan tersebut, mereka menyampaikan jika ada kejanggalan pada SK BUMDes Beganjing, karena SK tersebut di keluarkan sebelum pembentukan struktur pengurus BUMDes.

Ada dua saksi yang mengetahui persis musyawarah pembentukan struktur pengurus BUMDes Beganjing, yakni Edi Puryono yang pada saat itu sedang berada di warung samping Kantor Balai Desa Beganjing, jadi Edi Puryono mengetahui jika pada hari tersebut ada musyawarah pembentukan pengurus BUMDes, kemudian ada Asih Kalimah Sunah yang saat itu juga di undang dan menghadiri pembentukan struktur pengurus BUMDes tersebut, sehingga Asih Kalimah Sunah mengetahui persis jika pada hari itu dilakukan musyawarah pembentukan struktur pengurus BUMDes, hal tersebut disampaikan kedua saksi saat di mintai keterangan oleh Ketua Majelis Hakim, Muhammad Fauzan Haryadi, SH, MH., dalam persidangan.

Edi Puryono saat dimintai keterangan oleh awak media orbitnews.id usai persidangan menyampaikan bahwa, "Musyawarah pembentukan struktus pengurus BUMDes tersebut dilakukan pada tanggal 3 Februari 2021, akan tetapi SK Pengurus BUMDes keluar tertanggal 27 Januari 2020, jadi kan lucu mas, SK dulu dikeluarkan, satu tahun kemudian baru musyawarah pembentukan struktur pengurus BUMDes nya," ucap Edi.

Seno Margo Utomo selaku Juru Bicara LSM PKN yang pada hari ini tadi menghadiri sidang menyampaikan, "PKN melihat sidang kasus dugaan kecurangan Perades di PN Blora hari ini, merupakan puncak gunung es kasus besar ini. 
Keterangan saksi dalam sidang juga memunculkan keterangan adanya modus permainan dalam tes CAT selain pemalsuan dokumen, PKN berharap, adanya pengembangan atau terobosan dalam persidangan terkait kecurangan tes CAT. Hal ini bisa dilakukan dengan cara Majelis Hakim mengeluarkan perintah untuk Audit Forensik sebagai tambahan bukti di persidangan," ucap Seno.


Editor: red

Komentar

Terkini