Ubaydillah Rouf Alias Obet Divonis 16 Tahun dan Uang Pengganti Rp 71 Miliar

Ubaydillah Rouf Alias Obet Divonis 16 Tahun dan Uang Pengganti Rp 71 Miliar

ORBIT NEWS, Blora – Ubaydillah Rouf alias Obet, jebolan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), divonis 16 tahun kurungan penjara, serta denda Rp 800 juta, apabila tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 7 bulan. 

Selain itu, ASN di Dinporabudpar Blora ini juga divonis membayar uang pengganti Rp 71 miliar, apabila tidak dibayar, maka diganti dengan pidana penjara selama 8 tahun.

Hal tersebut disampaikan dalam sidang putusan pada Kamis, 14 Juli 2022 kemarin, untuk putusan sendiri lebih ringan dibanding tuntutan jaksa yaitu 18 tahun kurungan penjara.

Dikutip dalam laman https://sipp.pn-semarangkota.go.id/index.php/detil_perkara, majelis hakim menyatakan, Ubaydillah Rouf terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dakwaan primair.

Untuk tanah dan bangunan di Tempelan, Tawangrejo, Sendangharjo, Widorokandang Kecamatan Pati, diperhitungkan sebagai pembayaran uang pengganti. 

Apabila Terdakwa tidak dapat membayar uang pengganti tersebut selama 1 bulan setelah putusan mempunyai kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

Dalam hal Terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana penjara selama 8 tahun. Selain itu, majelis hakim menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan.


Editor: red

Komentar

Terkini