Sidang ke 4 Terdakwa Kades Beganjing Dihadiri 14 Kades se Kecamatan Japah

Sidang ke 4 Terdakwa Kades Beganjing Dihadiri 14 Kades se Kecamatan Japah

Sidang Ke 4 Terdakwa Mohammad Kasno selaku Kepala Desa (Kades), dan Muhammad Romli (Pendamping Desa) Beganjing, Kecamatan Japah

ORBIT NEWS, Blora - Terdakwa Muhammad Kasno selaku Kepala Desa (Kades), dan Mohammad Ramli (Pendamping Desa) Beganjing, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora hari ini menghadiri sidang ke empat terkait Pemalsuan SK BUMDes, Selasa (26/07/2022).

Dalam sidang ke empat hari ini, Pengadilan Negeri Blora menghadirkan 3 orang saksi, namun yang hadir hanya 1 orang saksi selaku Sekretaris Panitia seleksi penyaringan dan penjaringan Perangkat Desa.

Sebelumnya, pada sidang ke tiga (19/07) Pengadilan Negeri Blora menghadirkan 4 orang saksi, yang terdiri dari Ketua Panitia seleksi Perades Desa Beganjing, Inspektorat, serta dua orang pengguna SK BUMDes untuk melengkapi berkas seleksi penyaringan dan penjaringan Perangkat Desa.

Pada sidang ketiga, semua saksi tidak tau kalau SK BUMDes Beganjing dibuat tahun 2020, namun Saksi dari Inspektorat menyampaikan dengan jelas, saat pencairan dana BUMDes tahun 2020 sebesar Rp 47 juta tanpa menggunakan SK BUMDes, dan Inspektorat sempat mengimbau untuk melengkapi SK dan AD ART BUMDes Beganjing, dan baru dilengkapi pada tahun 2021, dua saksi pengguna SK BUMDes juga tidak tau kalau SK tersebut dibuat tahun 2020.

Hal yang sama disampaikan oleh saksi Endang Sriwijayanti dalam persidangan ke empat yang merupakan Sekretaris Panitia seleksi penyaringan dan penjaringan Perangkat Desa menyampaikan tidak tahu terkait SK BUMDes tersebut.

"Saya juga tidak tahu terkait SK BUMDes itu, tahunya saya ya pas saya cek ada tanda tangan Kepala Desa saya pikir sudah benar, tetapi saya tidak memperhatikan tanggal maupun tahun dikeluarkannya SK tersebut," ucapnya dalam persidangan.

Dalam sidang ke empat hari ini ada yang unik, yakni ada 14 Kepala Desa se Kecamatan Japah yang turut menyaksikan jalannya persidangan terdakwa Kepala Desa Beganjing dan Pendamping Desa Beganjing tersebut.


Editor: red

Komentar

Terkini