Eksekusi Hasil Sidang Sengketa KIP Desa Seso Kabupaten Blora Berjalan Lancar

Eksekusi Hasil Sidang Sengketa KIP Desa Seso Kabupaten Blora Berjalan Lancar

ORBIT NEWS, Blora - Amanah UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) sangat jelas, setiap informasi publik harus dapat diperoleh setiap pemohon dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana, ia menjadi asas dalam rezim keterbukaan informasi publik, termasuk ketika terjadi sengketa.

Demikian yag terjadi pada hari ini di Desa Seso, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Eksekusi atas hasil sidang Sengketa Keterbukaan Informasi Publik (KIP) berjalan lancar, Selasa (13/09/2022).

Pasca keluarnya hasil putusan Sidang Sengketa Informasi dari KIP Jateng No. 056 /Putusan - M /KIP - JTG /IX /2022 tertanggal 1 September 2022 dengan Pemohon Supriyanto dan Seno Margo Utomo dan termohon Kepala Desa Seso, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora.

Diputuskan bahwa, Pemohon akhirnya mendapatkan hak untuk memperoleh data Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), khusus Infrastruktur selama sejak Tahun Anggaran 2018 sampai Tahun Anggaran 2020.

Seno Margo Utomo dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Keuangan Negara (PKN) mewakili Pemohon menyampaikan, "Alhamdulillah semua tahapan permohonan sampai proses sengketa di KIP Jateng dan akhirnya eksekusi hasil, berupa penyampaian informasi seperti yang kami inginkan berjalan sesuai UU KIP," ucap Seno.

Ditambahkan juga oleh Fuad Musofa, Kuasa khusus Pemohon, yang juga anggota LSM PKN Blora, "Ini adalah contoh yang baik bagi desa-desa lain di Kabupaten Blora, mereka bisa belajar dari Desa Seso, dalam menghadapi penyelesaian Sengketa Informasi Publik seperti yang di amanatkan UU KIP," ucapnya.

"Terbuka, meski tidak mau memberi data dari awal, tapi mau beri tanda terima atas surat permohonan KIP dari pemohon, bukan meolak atau mendatangkan orang lain yang tidak ada hubungannya dengan Desa, juga saat sidang sengketa di KIP Jateng berani hadir meski membawa Lawyer," imbuhnya.


Editor: red

Komentar

Terkini