4 Tersangka Kasus Perades di Blora Hanya di Vonis 5 Bulan Penjara Saja

4 Tersangka Kasus Perades di Blora Hanya di Vonis 5 Bulan Penjara Saja

ORBITNEWS, Blora - 4 Terdakwa yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengisian Perangkat Desa, sudah memasuki babak akhir, yakni sidang pembacaan vonis, Kamis (22/09/2022).

Empat tersangka tersebut ialah, Mohammad Kasno selaku Kepala Desa (Kades), Muhammad Romli (Pendamping Desa) dari Desa Beganjing, Kecamatan Japah, dan Darno selaku Kades, Suprono selaku Operator Desa dari Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora.

Sebelumnya, dua tersangka dari Desa Beganjing Kecamatan Japah tersebut menjalani sidang beberapa kali terkait pemalsuan SK BUMDes, serta dua tersangka dari Desa Nginggil Kecamatan Kradenan terkait pemalsuan SK Karang Taruna.

Hari ini sidang ke empat tersangka tersebut memasuki babak akhir, yakni pembacaan vonis oleh Ketua Majelis Hakim, Muhammad Fauzan Haryadi, SH, MH., yang mana ke empat tersangka tersebut dijatuhi vonis 5 bulan penjara, dari tuntutan jaksa 6 bulan penjara.

Muhammad Fauzan Haryadi, SH, MH., selaku Ketua Majelis Hakim menyatakan jika ke empat terdakwa tersebut terbukti melanggar Pasal 263 ayat 1 KUHP.

"Terdakwa telah memenuhi unsur dan terbukti melanggar Pasal 263 ayat (1) Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dengan vonis 5 bulan penjara dan ditahan, saudara terdakwa mempunyai hak, pertama menerima putusan, kedua pikir-pikir, ketiga mengajukan banding, saudara mempunyai waktu selama 7 hari," ucap Hakim. Kemudian, semua terdakwa menjawab untuk berfikir dulu, dan dikasih waktu 7 hari oleh Ketua Majelis Hakim.

Perlu diketahui, sebelumnya ke empat tersangka tersebut terjerat Pasal 263 ayat 1 KUHP, yang diatur dalam Bab XII buku II KUHP, tentang pemalsuan surat dengan ancaman hukuman pidana maksimal 6 Tahun penjara.


Editor: red

Komentar

Terkini