Korupsi Dana Desa, Kepala Desa Tlogotuwung Blora Ditetapkan Sebagai Tersangka

Korupsi Dana Desa, Kepala Desa Tlogotuwung Blora Ditetapkan Sebagai Tersangka

ORBITNEWS, Blora - Kepala Desa Tlogotuwung, Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora Sriyanto, telah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi Dana Desa yang menyebabkan kerugian negata sebesar Rp. 648 juta.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Blora Jatmiko menyampaikan, "Kejari telah selesai menghitung kerugian akibat perkara ini sebesar Rp 648.422.394, Kami lagi melengkapi pemberkasan tahap kedua, penyerahan terangka dan barang bukti,” ujarnya.

Menurut Jatmiko, setelah dinyatakan lengkap secara material dan formil, nanti tahap kedua kita serahkan dari penyidik ke penuntut umum. 

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Blora Ichwan Effendi menyatakan oknum Kades itu diduga telah melakukan tindak pidana korupsi Dana Desa sejak 2019-2021. 

“Kita menyelidiki kasus ini sejak Mei 2022, sebulan kemudian kita sudah bisa menetapkan Kades tersebut sebagai tersangka, ini setelah kami sudah menemukan alat bukti yang cukup,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Blora Yayuk Windrati menyatakan proses pemberhentian Kades yang diduga terlibat korupsi ini sedang diajukan ke Bupati, “Kami sampai saat ini belum mendapat perkembangan kasusnya secara detail dari Kejari,” jelasnya.

"Sampai sekarang, berapa nilai kerugian yang dihitung akibat kasus ini belum ada, kami masih mencoba mengitung berapa kerugian yang diakibatkan kasus ini, kalau angka kerugian ini belum muncul kami belum bisa melakukan apa-apa, karena ini menyangkut Dana Desa,” ujarnya.


Editor: red

Komentar

Terkini