Buntut Perades, Kades Nginggil Akhirnya Digiring ke Rutan Blora

Buntut Perades, Kades Nginggil Akhirnya Digiring ke Rutan Blora

ORBITNEWS, Blora - Kedua terdakwa kasus pemalsuan dokumen dalam seleksi pengisian Perangkat Desa (Perades) hari ini digiring ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Blora, Rabu (28/09/2022).

Kedua terdakwa tersebut adalah Darno selaku Kepala Desa (Kades) dan Suprono selaku Operator Desa dari Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora.

Sebelumnya dalam sidang pembacaan vonis terhadap para terdakwa pemalsuan dokumen (22/9) di Pengadilan Negeri Blora, para terdakwa di vonis 5 bulan penjara dari tuntutan 6 bulan penjara.

Muhammad Fauzan Haryadi, SH, MH., selaku Ketua Majelis Hakim menyatakan jika ke empat terdakwa tersebut terbukti melanggar Pasal 263 ayat 1 KUHP.

"Terdakwa telah memenuhi unsur dan terbukti melanggar Pasal 263 ayat (1) Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dengan vonis 5 bulan penjara dan ditahan, saudara terdakwa mempunyai hak, pertama menerima putusan, kedua pikir-pikir, ketiga mengajukan banding, saudara mempunyai waktu selama 7 hari," ucap Hakim.

Tepat pada hari ini (28/9), masa pikir-pikir para terdakwa sudah habis, Kades Nginggil dan Operator Desa Nginggil tidak mengajukan banding, sehingga hari ini digiring ke Rutan Kelas II B Blora, namun Kades Beganjing dan Pendamping Desa Beganjing sampai berita ini diturunkan belum ada pengajuan banding di Pengadilan Negeri Blora.

Keduanya akan menjalani putusan pengadilan 5 bulan penjara, kedua terdakwa keluar dari Kejaksaan Negeri mengenakan baju tahanan dengan tangan diborgol.


Editor: red

Komentar

Terkini