Kabar Gembira Buat Para Tahanan, Lantaran ada Program Asimilasi

Kabar Gembira Buat Para Tahanan, Lantaran ada Program Asimilasi

ORBITNEWS, Blora - Program Asimilasi adalah proses pembinaan narapidana dan Anak yang dilaksanakan dengan membaurkan Narapidana dan Anak dalam kehidupan masyarakat.

Program Asimilasi dilaksanakan di rumah. Proses pembimbingan dan pengawasan asimilasi dan integrasi dilaksanakan oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas), di mana laporan pembimbingan dan pengawasan dilakukan secara daring.

Biasanya pihak penjamin adalah orang-orang yang kenal dengan narapidana tersebut. Namun, program asimilasi bukan berarti bebas seutuhnya karena masih berstatus narapidana dan warga binaan.

Hal tersebut tercantum dalam Permenkumham Nomor 3 Tahun 2018 yaitu tentang Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Program Asimilasi adalah hak yang bisa didapatkan oleh semua para Narapidana dan Anak yang memenuhi persyaratan. Persyaratan tersebut cukup umum, adapula yang tidak berhak mendapatkan asimilasi adalah:

1. Narapidana dan Anak yang jiwanya terancam, dan
2. Narapidana dan Anak yang menjalani hukuman penjara untuk seumur hidup.

Program ini bukan dapat langsung didapatkan dan bebas namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh individu Narapidana dan Anak.
Syarat umum diatur pada pasal 44 ayat 1 Permenkumham 3/2018, yaitu:


Editor: red

Komentar

Terkini