Mensos: DTKS Diperbaharui Setiap Bulan, Pastikan BLT BBM Tepat Sasaran

Mensos: DTKS Diperbaharui Setiap Bulan, Pastikan BLT BBM Tepat Sasaran

Mensos Tri Rismaharini menyampaikan pernyataan perihal pengalihan subsidi BBM

ORBIT NEWS, Jakarta - Pemerintah telah mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebagai salah satu bentuk pengalihan subsidi BBM. 

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menegaskan bahwa pihaknya terus memperbaharui dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk menjamin agar penyaluran bantuan sosial (bansos) termasuk BLT BBM tepat sasaran.

“Jadi di UU itu sebetulnya satu tahun dua kali, tapi karena kondisi perubahan di daerah itu cukup pesat maka kemudian kita melakukan perubahan [DTKS] setiap bulan. Jadi setiap bulan, saya membuat SK baru,” ujar Mensos dalam keterangan persnya, di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (03/09/2022).

Risma menyampaikan, "pembaharuan DTKS dilakukan berdasarkan masukan dari pemerintah daerah, selain itu, masyarakat juga dapat memberikan masukan melalui menu Usul dan Sanggah pada aplikasi Cek Bansos, masyarakat juga dapat menghubungi command center Kementerian Sosial di nomor telepon 021-171," ucapnya.

“Itu masukan dari daerah dan Usul-Sanggah, jadi masyarakat bisa mengusulkan sendiri, nanti kita memang harus kita verifikasi, karena kalau tidak kita verifikasi nanti tidak sesuai juga,” ujarnya.

Mensos menambahkan, pihaknya memiliki sekitar 70 ribu pendamping di seluruh Indonesia untuk melakukan pengecekan dan verifikasi data penerima bansos di lapangan.

Lebih lanjut, Risma menjelaskan bahwa dari total 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) BLT BBM, PT Pos Indonesia telah siap menyalurkan BLT BBM kepada 18 juta KPM, sementara sisanya akan menunggu proses pemutakhiran DTKS.


Editor: red

Komentar

Terkini