Jokowi 2024 Pulang Solo Usai Tak Jabat Presiden, Jadi Rakyat Biasa

Jokowi 2024 Pulang Solo Usai Tak Jabat Presiden, Jadi Rakyat Biasa

Jokowi beserta anak dan cucu

ORBIT NEWS, Jakarta,- Presiden Jokowi membocorkan rencananya usai menuntaskan periode kedua sebagai Presiden di 2024. Ia menuturkan akan kembali ke kampung halamannya.
“Saya akan kembali ke Solo sebagai rakyat biasa,” kata Jokowi dikutip dari wawancara bersama The Economist, Minggu (13/11)
Jawaban Jokowi ini merespons pertanyaan setelah 2024 apa yang akan dilakukan seorang Jokowi.
Di Solo apa yang akan dikerjakan Jokowi?
Ia mengaku akan aktif dalam sebuah gerakan lingkungan.
“Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup,” tutur Jokowi.
Sejak terpilih di tahun 2014, Jokowi memang banyak menyedot perhatian internasional. Pasalnya, ia bukan lahir dari kalangan pebisnis ataupun elite militer dalam negeri, melainkan Jokowi lahir dari keluarga pebisnis menengah dan bukan elite lokal di Jawa.
Jokowi adalah anak sulung dari empat bersaudara, jokowi lahir dari pasangan Widjiatno Noto Mihardjo dan Sujiatmi pada tanggal 21 Juni 1961. Ayahnya berasal dari Karanganyar yang berprofesi sebagai penjual kayu dan bambu di sekitar bantaran kali Karanganyar. Jokowi terlahir dari keluarga yang sangat sederhana.
Bapak Jokowi sekeluarga memeluk agama Islam. Sejak kecil jokowi diajarkan sholat serta mengaji bersama dengan teman-temannya. Kehidupan pada masa kecilnya jauh dari kata berkecukupan, jokowi mengalami kesulitan dalam membayar sekolah, dan juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Jokowi pernah merasakan pahitnya hidup, bahkan untuk makan sehari-hari jokowi harus membagi satu buah telur menjadi empat bagian untuk satu keluarganya.
Jokowi pada masa kecilnya juga pernah mengalami penggusuran sebanyak tiga kali. Karena penggusuran tersebut jokowi harus berpindah-pindah tempat untuk tinggal dan juga jokowi pernah numpang menginap di rumah seorang teman daerah Gondang.
Dengan kesulitan itulah jokowi membantu ayahnya dari semasa kecilnya untuk meringankan beban. Jokowi harus bekerja sejak kecil dengan berdagang keliling, menjadi ojek payung, dan juga kuli panggul untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Masa kecil Jokowi memang berbeda dari teman-temannya. Akan tetapi jokowi tetap bertekad untuk membantu keluarganya.
Meskipun Jokowi sering mendapatkan kritikan tajam, fitnah hingga penolakan dan sebagainya. Tetapi saat masa jabatannya selesai, Jokowi kembali maju di pemilihan presiden.
Pada masa kedua tahun 2019 Jokowi menggandeng Ma’ruf Amin sebagai wakilnya. Keduanya sah menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia tahun 2019 sampai 2024 dengan persentase perolehan suara sebanyak 55,50%. Pelantikan kedua Jokowi sebagai presiden ke-7 Indonesia digelar di Gedung DPR/MPR, Jakarta.
Pada masa jabatannya kedua ini, Jokowi berhasil menggenjot pembangunan dan terus berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia agar bisa bersaing dengan negara-negara lainnya.


Editor: red

Komentar

Terkini