Banjir ROB Melanda Wilayah Pemalang Timur, Ribuan Rumah Terendam

Banjir ROB Melanda Wilayah Pemalang Timur, Ribuan Rumah Terendam

ORBIT NEWS, Pemalang - Banjir Rob atau naiknya air laut ke permukaan akibat daya tarik gravitasi bumi melanda wilayah Pemalang Timur dan merendam ribuan pemukiman penduduk, tepatnya di Kecamatan Ulujami, Senin (23/05/2022).

Ada 8 Desa yang terdampak Banjir Rob, yaitu Desa Pesantren, Mojo, Ketapang, Kertosari, Kaliprau, Limbangan, Tasik Rejo dan Desa Blendung, ada sekitar 1.946 rumah penduduk yang tergenang air akibat Banjir Rob tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Pemalang, Sugiyanto, mengatakan, "Peristiwa Banjir Rob terjadi mulai Senin malam kemarin, tinggi air yang menggenangi pemukiman penduduk di 8 Desa, antara 20 - 100 centimeter, dan yang paling parah di Desa Pesantren antara 80 - 100 centimeter," ucapnya, Selasa (24/05/2022).

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai elemen untuk bersama-sama menangani musibah banjir tersebut, "dua set perahu karet sudah kami kirim kan untuk evakasi penduduk, serta mendirikan beberapa dapur umum, di antaranya berada di Desa Pesantren, Kaliprau dan Kertosari, sebagai posko keamanan pangan warga, pihak PMI Pemalang juga sudah berkoordinasi dan langsung mendirikan posko serta dapur umum di Dusun Mulyo Pesantren," ucapnya.

"Sembari penanganan Banjir Rob yang melanda warga terus di lakukan, BPBD Pemalang terus memantau dan menunggu laporan situasi banjir dari pihak BMKG," ujar Sugiyanto. (Ragil 74)


Editor: red

Komentar

Terkini