Maraknya Pencurian Sawit, Beberapa Petani Sawit Mengadakan Sayembara

Maraknya Pencurian Sawit, Beberapa Petani Sawit Mengadakan Sayembara

ORBIT NEWS, Labuhanbatu - Perihal maraknya pencurian tandan buah segar (TBS) di Desa Perbaungan, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, para petani sawit mengadakan sayembara, Jumat (27/05/2022).

Hasil pantauan wartawan Orbitnews.id, terkait hal itu menjelaskan, "Dengan maraknya pencurian sawit di Desa Perbaungan tersebut, saya menyarankan agar masyarakat atau petani perkebunan sawit mengajukan secara tertulis ke DPRD dan Pemkab agar dirancang perda hukum khusus untuk mengatasi itu," ucapnya.

"Dengan dasar pemikiran masyarakat dan bahu-membahu para petani sawit mudah-mudahan masalah ini lekas mendapat petunjuk'nya," tuturnya.

"Hal ini tentu tentu sangat disayangkan, mengingat selama ini sawit merupakan komoditi andalan masyarakat, terkhusus para petani sawit dalam menopang perekonomian keluarga, apalagi harga Tandan Buah Segar (TBS) saat ini mulai stabil," ucap salah satu wartawan Orbitnews.id, seperti yang dikeluhkan sejumlah petani sawit.

Ikbal Pasaribu, salah satu petani sawit mengungkapkan kepada wartawan Orbitnews.id pada hari Jumat, (27/05/2022) sekira pukul 14.00 Wib, ia merasa kecewa dan kesal akibat tandan buah segar (TBS) yang esok harinya mau dipanen sudah didahului oleh pencuri, "bagaimana kami bisa memanen, sedangkan sawit hanya tinggal beberapa saja yang tersisa, lebih sakitnya lagi buah mentah mereka diambil dan ditinggal dibawah pepohonan sawit kami ini," sebutnya.

"Dan bagi siapa saja yang ingin berkerjasama dengan kami silahkan tangkap pelaku pencurinya akan kami beri hadiah," ujarnya.

 Ditempat yang sama, Yogi atau petugas pengamanan/pengawasan lahan perkebunan sawit disekitarnya, ia menjelaskan, "baru kemarin bapak itu memberikan amanah'nya kepada tim kami dan kami akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menggagalkan setiap pencurian sawit," pungkasnya.


Editor: red

Komentar

Terkini