PJ Kepala Desa Saenama Diduga Mencagak Dana BLT Tiga Bulan

PJ Kepala Desa Saenama Diduga Mencagak Dana BLT Tiga Bulan

Foto/Bendahara Desa Saenama Yustus Yulius Nahak

ORBIT NEWS, Malaka - Pj Kades Saenama, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT diduga mencagak Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19, tahun 2022 sejak bulan Januari, Februari dan Maret sebesar Rp.76.500.000 dari 85 PKM. 

BPMD Kabupaten Malaka, sesuai kewenangannya sudah menyurati Pj Kades Saenama terkait keterlambatan penyaluran dana BLT DD itu sebanyak dua kali namun belum direspon sehingga perlu ada langkah-langkah lain untuk penanganannya.

Kepala BPMD Kabupaten Malaka, Agustinus Nahak mengatakan hal itu saat dikonfirmasi, Selasa (31/05/2022).

Hal ini disampaikan oleh salah satu Pemuda sekaligus ketua OMK Proki St. Dominikus Leon As Desa Saenama, Adrianus Nikolas Bria, kepada wartawan orbitnews.id pada hari Minggu (29/05/2022) melalui telepon seluler, menurutnya, PJ Kades Saenama, Eryck Seran diduga mencagak Bantuan DD BLT TA 2022.

"Saya minta kepada PJ Kades, alasan apa masyarakat Desa Saenama sudah 3 bulan tidak pernah terima BLT DD ? sedangkan di Desa-Desa lain masyarakat penerima BLT sudah terima, dan sesuai informasi yang kami dapat, pada tanggal 14 April kemarin PJ Kades bersama Bendahara sudah mengambil uang itu, tapi kenapa PJ tidak langsung membaginya ke masyarakat ?" Ungkap Andri Bria.

Andri juga menjelaskan, jumlah penerima BLT di Desa Saenama sebanyak 85 KK, setiap KK berhak menerima Rp.300.000 per bulan, sehingga selama 3 bulan ini totalnya Rp.76.500.000.
Dirinya berharap PJ Kades segera menyikapi persoalan ini dengan segera memberi informasi kepada masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai, agar kapan dibagikan kepada masyarakat.

"Kami berharap PJ Kades segera bayar hak rakyat, uang itu disimpan lama-lama untuk apa ? jika alasan PJ Kades lama belum mempertanggung jawabkan tunggakan tahun 2021, saya pikir itu penjelasan yang keliru, itu tanggung jawab Kades Lama, silahkan dia berurusan dengan pihak PMD/inspektorat. Pak PJ Kades yang baru segera bayar BLT 2022 karena itu tanggung jawabnya pak PJ Kades yang baru". Jelas Andri Bria


Editor: red

Komentar

Terkini