Maraknya Pencurian Sawit, Berharap ada Tindakan Tegas Bagi Pelaku Pencurian Sawit

Maraknya Pencurian Sawit, Berharap ada Tindakan Tegas Bagi Pelaku Pencurian Sawit

ORBIT NEWS, Labuhanbatu - Jika barang yang dicuri tidak lebih dari Rp.2,5 juta (Dua juta lima ratus ribu rupiah) maka pengenaannya harusnya ke pasal 364 KUHP dengan di pidana penjara paling lama 3 bulan merujuk pada perma Nomor 2 Tahun 2012 mengenai penyesuaian batasan tindak pidana ringan (Tipiring) dan jumlah denda dalam KUHP tersebut.

Sekalipun memang "Lingkup keberlakuan" perma ini hanya berlaku untuk internal pengadilan,
seperti yang disampaikan awak media Orbitnews.id, Pukul 10.00 Wib di TKP (tempat kejadian perkara) diarea lokasi lahan perkebunan perseorangan milik Opung (63) di Desa Perbaungan, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (01/06/2022).

"Iya betul,P erma no 2 Tahun 2012 sampai hari ini masih berlaku, apabila tindakan seseorang memenuhi unsur-unsur pencurian maka orang (pelaku tersebut) dapat dikenakan ancaman pidana, sesuai pernyataan saya diatas, Perma no 2 Tahun 2012 masih tetap berlaku, dan kepada pelaku yang nilainya dibawah Rp 2.500.000 tidak bisa ditahan karena pencurian dimaksud dikualifikasi pencurian ringan, dan di PN akan diadili menggunakan acara pemeriksaan cepat," Jelasnya, wartawan Orbitnews.id kepada korban.

Dilanjutkannya, Opung (63) menyampaikan kepada awak media Orbitnews.id, pukul 10.00 Wib dilokasi lahan sawit nya yang terletak di Desa Perbaungan, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu.

"Tentunya ini sangat berdampak bagi pemilik perkebunan perseorangan yang lain, tidak saya saja," imbuhnya.

"Karena seperti insiden pencurian sawit yang berhasil kami tangkap ini, sekalipun kami bersikeras membawanya ke penegak hukum guna di proses nya pelaku pencurian TBS (Tandan buah segar) percuma, toh hasil rujukan tidak sesuai yang kami harapkan," jelasnya.

Ditambahkan, "pelaku berinisial HR (25) ini hanya mengambil 2 TBS sawit di perkebunan sawit kami, untuk penyelesaiannya kita adakan kesepakatan atau pernyataan diatas materai lah bang," tegasnya.


Editor: red

Komentar

Terkini