Miris ! Bendera Merah Putih Dalam Kondisi Sobek Berkibar di Kantor Desa Saenama

Miris ! Bendera Merah Putih Dalam Kondisi Sobek Berkibar di Kantor Desa Saenama

ORBIT NEWS, BETUN - Sungguh miris dan memprihatinkan, mungkin ungkapan ini layak diberikan kepada Pemerintah Desa Saenama, Kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT. 

Pasalnya, sebagai bagian dari pemerintahan di Indonesia, seharusnya memberikan contoh akan kepedulian dan penghargaan terhadap simbol negara, namun demikian, hal ini tidak didapat saat bendera merah putih yang merupakan bendera negara dikibarkan dalam kondisi sobek di halaman Kantor Desa.

Pantauan awak media orbitnews.id di kantor Desa Saenama pada Rabu, 01 Juni 2022 pagi, yang bertepatan dengan hari kesaktian Pancasila, kondisi bendera tersebut memang sudah sangat tidak layak untuk di kibarkan, kondisi bendera tersebut tentu berbanding terbalik dengan besarannya anggaran yang diperoleh pemerintah Desa setempat.

“Saya sebagai pemuda sangat prihatin melihat bendera merah putih dalam kondisi seperti itu masih berkibar, selain warnanya sudah pudar, juga kondisinya sudah robek, melihat bendera yang sudah robek saat ini dan masih berkibar saya rasa jiwa nasionalisme PJ Kepala Desa perlu dipertanyakan, ini memalukan sekali, khususnya pemuda Desa Saenama,” ungkap Andri Bria, Tokoh Pemuda Desa Saenama saat ditemui di depan kantor Desa, Rabu (01/06/2022).

Lanjut Andri Bria, "saya berharap bendera merah putih yang sudah usang segera diganti oleh PJ Kepala Desa Saenama, setidaknya untuk menghormati jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah," tegasnya.

"Generasi sekarang wajib menghormati jasa para pahlawan, salah satunya juga harus menghormati bendera merah putih, karena itu lambang negara kita, apa salahnya kita berkorban sedikit rupiah untuk beli bendera itu, apa lagi itu dikibarkan pada Kantor Desa yang notabenenya fasilitas umum untuk pelayanan masyarakat Saenama," imuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Saenama Bernadus Bria, ketika dikonfirmasi awak media orbitnews.id melalui telepon, mengakui bahwa bendera yang dipasang di kantor Desa Saenama memang benar sudah usang dan sobek. Sekretaris Desa Saenama berjanji akan perintahkan bendahara untuk membeli bendera yang baru untuk diganti kembali bendera tersebut.


Editor: red

Komentar

Terkini