Semenjak Kran Ekspor CPO Dibuka, Sampai Hari ini Harga TBS Belum Normal

Semenjak Kran Ekspor CPO Dibuka, Sampai Hari ini Harga TBS Belum Normal

ORBIT NEWS, Labuhanbatu - Sejak presiden RI Joko Widodo mencabut larangan ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan produk turunannya pada 23 Mei lalu, harga Tandan Buah Segar (TBS) sampai hari ini, Minggu 5 Juni 2022 masih babak belur, kondisi tersebut membuat petani TBS merenung.

Paradoks harga Tandan Buah Segar (TBS) dengan harga CPO di pasar internasional tersebut karena kebijakan kementerian pelaksana teknis, khususnya terkait penyediaan minyak goreng dan ketentuan ekspor minyak sawit yang tidak efektif.

Hingga hari ini, Minggu 5 Juni 2022, harga Tandan Buah Segar (TBS) perlahan menurun, tentunya peran penting Menteri perdagangan harus bertanggung jawab dan secepatnya menyikapi.

Hasil pantauan awak media Orbitnews.id, di Desa Ujung Batu, Perbaungan, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, pada Minggu (05/06/2022) sekira Pukul 11.00 Wib, kepada salah satu petani diperkebunan sawit.

"Sebut bapak AW (55) ia mengungkapkan, akibat bongkar pasang kebijakan seperti ini, pada akhirnya hanya membuat petani sawit sengsara," jelasnya.

Sekarang wajar bila petani sawit mengeluhkan harga jual Tandan Buah Segar (TBS) yang belum normal, karena biaya perawatan kebun sawit mulai dari herbisida dan pupuk naik hampir 100%, tentunya ini tidak seimbang dengan harga TBS saat ini," pungkasnya.


Editor: red

Komentar

Terkini