Kesenian Jaranan Ramaikan Rangkaian Kegiatan Bersih Desa Gembleb 2022

Kesenian Jaranan Ramaikan Rangkaian Kegiatan Bersih Desa Gembleb 2022

ORBIT NEWS, Trenggalek - Suara gamelan, didominasi tabuhan kendang serta tiupan terompet, yang dimainkan pengrawit begitu selaras dengan gerak tari kesenian jaranan oleh seniman yang tergabung dalam Ayyodya Laras Grup membuka rangkaian acara kegiatan Bersih Desa Gembleb 2022, Sabtu (25/06/2022).

Penonton pun tumpah ruah, tak terkecuali tua muda memadati lapangan Desa Gembleb untuk menyaksikan para seniman kesenian jaranan beratraksi, tak peduli panasnya sengatan matahari yang menemani.

Penonton ada yang berteriak-teriak serta lari tunggang langgang untuk menghindari dari pemain jaranan yang mendekati mereka, dikarenakan mereka bersiul nyaring untuk menggoda pemain jaranan yang kesurupan atau istilahnya ndadi agar suasana tambah meriah.

Malamnya dilanjutkan dengan Pentas Seni.
Setelah pementasan kesenian jaranan dan pentas seni, esoknya, Minggu (26/06/2022), diadakan senam pagi, jalan sehat serta live music dari Pandowo Music Tugu.

Kemudian siangnya kesenian tradisional Tiban, yaitu semacam adu pecut yang dimainkan oleh dua orang saling berhadapan tanpa mengenakan busana badan atas atau bertelanjang dada. Masing-masing membawa pecut terbuat dari lidi yang ujungnya memanjang, jika sabetannya terkena kulit, maka kulitnya akan memar berwarna merah sedikit mengeluarkan darah.

Salah seorang dinyatakan sebagai pemenang, manakala sabetan pecutnya mengenai badan lawannya, minimal tiga kali sabetan dan membekas tanda merah bekas sabetan di badan. Jika sabetan mengenai wajah atau bagian bawah perut lawan, maka yang menyabet akan di diskualifikasi, dan yang terkena sabetan tadi akan dinyatakan sebagai pemenang.

Kesenian Tiban awalnya untuk meminta turunnya hujan kepada Allah Swt dengan serangkaian pemanjatan doa-doa, apabila musim kemarau berkepanjangan. Namun sekarang sifatnya untuk hiburan semata.


Editor: red

Komentar

Terkini