Curah Hujan Tinggi, Sebabkan Genangan Air Dimana Mana

Curah Hujan Tinggi, Sebabkan Genangan Air Dimana Mana

ORBIT NEWS, Malaka - Akibat Curah Hujan yang begitu deras selama 48 jam yang mengguyur Kabupaten Malaka Nusa Tenggara Timur sejak Selasa 28/06/2022 malam hingga Kamis 30/06/2022, yang mengakibatkan genangan air hujan di sejumlah titik.

Salah satu wilayah yang tergenang air hujan berada di Desa Raimataus, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka NTT.

"Warga Dusun Ktolaran, Desa Raimataus Theresia Telik mengatakan, Hujan deras sejak selasa 28/06 hingga saat ini membuat kawasan tempat tinggalnya tergenang air hingga masuk dalam rumah.

Sia juga menyebutkan bahwa, "air yang tergenang di luar rumah tingginya ± 30 Cm, dan didalam rumah tingginya mencapai sekitar 10 Cm," ucapnya.

Kondisi hujan ini membuat debit air meningkat serta genangan air di selokan got dan titik air di dibeberapa Desa tetangga juga mengalami bahkan, air sampai masuk ke dalam rumah warga sejak dari kemarin 29/06 dan sampai pada saat ini pada pukul 12.30 WITA.

Semantara genangan air hujan yang lebat mengakibatkan banjir juga terjadi di beberapa tempat lain, misalnya di Desa Motaulun, OanMane, Desa Maktihan, Desa Umalor, Desa Rabasa, Desa Haerain yang berada di Kecamatan Malaka Barat dan Desa Halibasar berada di Kecamatan Wewiku.

Dari pantauan awak media orbitnews.id, di bebepara titik lokasi tepatnya Desa Haerain pada pukul 11.30 WITA, air masih menggenangi Jalan Raya dan sekitarnya dan ketinggian air sekitar 20 sampai 30 Cm atau setara dengan lutut kaki orang dewasa yang menggenangi dua sisi jalan baik dari arah Desa Raimataus menuju Desa Haerain maupun sebaliknya.


Editor: red

Komentar

Terkini