Provinsi NTB Masuk 10 Besar Provinsi Termiskin di Indonesia, NTB Perlu Kerja Keras

Provinsi NTB Masuk 10 Besar Provinsi Termiskin di Indonesia, NTB Perlu Kerja Keras

ORBIT NEWS, Mataram, NTB - Provinsi Nusa Tenggara Barat masuk dalam daftar 10 besar daerah dengan kemiskinan tertinggi se-Indonesia dan berada di urutan kedelapan dengan angka kemiskinan 13,68 persen. 

Posisi ini lantaran masih kecilnya penurunan angka kemiskinan, kemudian masih banyaknya bantuan-bantuan sosial tidak tepat sasaran, sehingga angka kemiskinan hanya turun tipis.

Untuk mengeluarkan NTB dari daftar 10 besar daerah dengan kemiskinan tertinggi itu, pemerintah daerah perlu bekerja keras. Antara lain mengejar penurunan angka kemiskinan NTB sampai di bawah 10 persen dari posisi saat ini di 13,68 persen. 

"Kita harus punya semangat untuk dapat menurunkan kemiskinan sampai di bawah 10 persen. Mengingat optimisme kita kalau benar-benar ya (serius menurunkan sampai dibawah 10 persen, Red)," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) NTB, H. Iswandi, Rabu (20/07/2022).

Adanya bantuan pusat untuk menurunkan angka kemiskinan daerah, seperti beberapa bantuan sosial yang disalurkan dinilai dapat mengakselerasi upaya tersebut.

 "Semua harus serius. Semua program dipastikan terlaksana, semua SKPD-SKPD serius untuk memastikan programnya tepat sasaran menyasar kelompok kemiskinan ekstrem yang di sektor pertanian tadi," tuturnya.

Diakui Iswandi, masih ada data-data bantuan untuk masyarakat miskin tidak tepat sasaran.


Editor: red

Komentar

Terkini