Penandatanganan MoU Kerjasama PD IPI Kabupaten Bangka dengan PD IPI Kabupaten Gunung Kidul

Penandatanganan MoU Kerjasama PD IPI Kabupaten Bangka dengan PD IPI Kabupaten Gunung Kidul

ORBIT NEWS, Bangka - PD IPI Kabupaten Gunungkidul menerima kunjungan dari PD IPI dan PD ATPUSI Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung di Perpustakaan Prama Widya Pustaka SMAN 1 Wonosari, Selasa (19/07/2022).

Rombongan terdiri dari Ketua PD IPI dan PD ATPUSI Kabupaten Bangka, Yusnita, Bendahara PD IPI, Fitri dan Wakil Ketua PD ATPUSI, Heti Rukmana, Wakil Ketua ATPUSI sekaligus Seksi Humas dan Publikasi IPI.

Sementara dari PD IPI Kabupaten Gunungkidul, Agung Wibawa (Ketua), Siti Indarwati (Wakil), Purwati (Sekretaris), dan Woro Suryaningsih (Bendahara).

Selain itu ada perwakilan dari PD ATPUSI Kabupaten Gunungkidul yang juga sebagian adalah Pengurus Daerah IPI Kabupaten Gunungkidul (Supriyanto, Seksi Humas dan Publikasi, Dewi Cahyaningrum, Seksi Organisasi dan Keanggotaan serta Riana Widayanti, Seksi Usaha Dana).

Yusnita pada sambutannya menyampaikan bahwa, "tujuan kunjungan adalah untuk melakukan studi tiru dan penandatanganan MoU kerjasama antara PD IPI dan PD ATPUSI Kabupaten Bangka dengan PD IPI dan PD ATPUSI Kabupaten Gunungkidul," ucapnya.

"Kegiatan IPI dan ATPUSI di Gunungkidul dianggap bisa menjadi contoh bagi IPI dan ATPUSI Bangka sehingga harapannya dapat bekerjasama dalam berbagai hal, yaitu: 1) Bekerjasama dan saling membantu dalam melaksanakan program kegiatan organisasi kedua belah pihak; 2) Saling berbagi ilmu dan informasi serta informasi demi kemajuan organisasi sehingga terwujudnya kesejahteraan anggota organisasi dari kedua belah pihak; dan 3) Saling mendukung antara kedua belah pihak sehingga tercapainya visi dan misi organisasi," Jelasnya. 

Selanjutnya Agung menyampaikan paparan terkait kegiatan PD IPI dari 2008, "sampai saat ini dimana IPI Gunungkidul sudah melakukan berbagai hal dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi Pustakawan dan Tenaga Pengelola Perpustakaan, diantaranya MoU Kerjasama dengan berbagai institusi, contohnya adalah kegiatan kepenulisan siswa melalui kelas ekstra sastra komunitas pencinta sastra SMA SIJI (KOPISAJI) dengan SMAN 1 Wonosari, Kegiatan gerakan literasi sekolah (GLS) dengan SMPN 1 Wonosari, kegiatan pemanfaatan aplikasi slims pada perpustakaan sekolah dan tenaga pendataan perpustakaan sekolah se-Kabupaten Gunungkidul dengan PD ATPUSI Kabupaten Gunungkidul, akreditasi perpustakaan sekolah dengan berbagai sekolah, dan masih banyak lagi. Selain itu PD IPI Kabupaten Gunungkidul juga mengadakan berbagai ToT, pelatihan, workshop, dan seminar terkait TIK Perpustakaan, akreditasi, dan peningkatan kualitas SDM perpustakaan. Ada juga Klinik Konsultasi Kepustakawanan untuk membantu tenaga pengelola perpustakaan dalam memecahkan masalahnya, IPI Gunungkidul juga menggandeng berbagai organisasi profesi di Gunungkidul, misal Forum Arsiparis, PGRI, IDI, dan lain sebagainya untuk bekerjasama dan mensinergikan peran fungsional di Kabupaten Gunungkidul, IPI Gunungkidul juga terlibat dalam kegiatan sosial kemanusiaan misal memberikan bantuan pada korban bencana alam di Purworejo, Jawa Tengah," ucapnya.


Editor: red

Komentar

Terkini