Penyandang Disabilitas Robianus Mendapat Uluran Tangan dari Dinsos Malaka

Penyandang Disabilitas Robianus Mendapat Uluran Tangan dari Dinsos Malaka

Foto Robert//Dari kiri Kadis Sosial Folgen Fahik bersama Robianus penyandang Disabilitas

ORBIT NEWS, Betun - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Malaka akan segera menyalurkan bantuan alat bantu fisik (ABF) berupa Kursi Roda dan ternak kambing bagi penyandang disabilitas fisik Robianus Tahu asal Desa Motaulun, Kecamatan Malaka Barat, setelah dilakukan assessment survey kelayakan penerima alat bantu fisik (ABF) untuk penyandang Disabilitas di Kabupaten Malaka.

Assessment tersebut dilakukan secara langsung oleh Kepala Dinas Sosial (kadinsos) Kabupaten Malaka, Folgentius Bere Fahik, S.Pd, M.A.P, dalam rangka pemenuhan hak penyandang disabilitas untuk mendapatkan pelayanan sosial, yang bertempat dibetun Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, NTT, pada Senin (01/08/2022).

Kadis Sosial Malaka Folgentius Bere Fahik, S.Pd, M.A.P, mengatakan bahwa, melalui kegiatan yang dapat dideteksi secara dini kebutuhan para penyandang disabilitas sebagai bahan penyusunan program penanganan para penyandang disabilitas. 

"Saya sendiri yang Assessment langsung dan mengetahui keinginan bapa Robianus, karena, selama ini dia pake tongkat sehingga sangatlah berhati-hati ketika jalan karena takut jatuh, maka saya tawarkan untuk memberikan bantuan berupa Kursi Roda. Selain kursi Roda, saya juga menawarkan bantuan ternak berupa kambing untuk dipeliharanya," kata Folgen.

Lanjut Kadis Folgen mengatakan, Dinas Sosial Malaka akan terus menyisir penyandang disabilitas dimalaka untuk mendapatkan pelayanan sosial dari pemerintah Kabupaten Malaka.

"Kemaren saya juga sempat berikan kursi 3 roda yang otomatic bagi penyandang disabilitas di Desa Wederok, dan hari ini saya sudah kunjungi beberapa tempat, yakni Kada, Naimana, Trans Betun dan terakhir dikota betun," ungkapnya.

Kadis Folgen juga mengajak para Kepala Desa untuk mendata dan menyampaikan data tersebut ke Dinas Sosial untuk ditindak lanjuti.


Editor: red

Komentar

Terkini