Rasa Nasionalisme yang Tinggi di Dusun Minarai Menyambut Kemerdekaan RI

Rasa Nasionalisme yang Tinggi di Dusun Minarai Menyambut Kemerdekaan RI

Foto bersama beberapa keluarga di dusun Minarai Desa Litamali, Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka NTT

ORBIT NEWS, Malaka - Bulan Agustus identik dengan bulan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, biasanya memasuki bulan Agustus masyarakat berbondong-bondong melakukan pemasangan bendera dan atribut 
yang berbau kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti yang dilakukan masyarakat Dusun Minarai, Desa Litamali, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka NTT, terdapat pengibaran bendera merah putih di halaman rumah masing-masing di Dusun tersebut.

Pantauan awak media orbitnews.id di rumah Ibu Felismina Bianco Dusun Minarai, Desa Litamali, Kecamatan Kobalima Menyampaikan, "Pemasangan bendera merah putih dilakukan sejak awal bulan Agustus, karena kami cinta Indonesia," Ucapnya, Rabu (10/08/2022).

Menurut Bianco, "dengan rasa cinta kami kepada Indonesia, kami masyarakat di Dusun ini rata-rata depan rumah selalu memasang bendera merah putih di halaman rumah, dengan kesadaran kami karena cinta merah putih Indonesia," imbuhnya.

"Tak hanya itu, beberapa pagar di depan rumah juga ikut dicat sebagai bagian mengisi kemerdekaan dan bentuk penghargaan kami kepada para pahlawan," imbuhnya lagi.

Marianu Lopes warga Dusun Minarai, Desa Litamali juga menyampaikan, "Rasa syukur kami terhadap perjuangan pahlawan kemerdekaan sangat tinggi, sehingga kami bisa hidup merdeka di tanah air, momentum kemerdekaan harus diisi dengan kemeriahan dan rasa syukur, jadi pas tanggal satu Agustus selalu memasang bendera merah putih di halaman rumah sebagai bukti rasa cinta kami terhadap tanah air ini," pungkasnya.

"Kami semua warga di Dusun Minarai ini merupakan eks Timor-Timor, dengan inisiatif kami sendiri tiap tahun awal bulan Agustus kami selalu mengibarkan bendera merah putih di setiap halaman rumah, karena kami cinta Merah Putih Indonesia," tutupnya.


Editor: red

Komentar

Terkini