Semarak HDKD Ke-77, Petugas Rutan Pemalang Laksanakan Kerja Bakti di TMP Jayana Sureng Yudha

Semarak HDKD Ke-77, Petugas Rutan Pemalang Laksanakan Kerja Bakti di TMP Jayana Sureng Yudha

ORBIT NEWS, Pemalang – Menjelang puncak peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77 Kementerian Hukum dan HAM, Petugas Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pemalang melaksanakan kegiatan kerja bakti di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jayana Sureng Yudha Penggarit pada Kamis (11/08/2022).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Pemalang, Ary Nirwanto ini menjadi bagian dari serangkaian kegiatan yang digelar untuk menyemarakkan peringatan HDKD Ke-77.

“Selain merupakan serangkaian peringatan HDKD Ke-77, kegiatan ini juga kami laksanakan sebagai wujud penghormatan dan rasa terima kasih kami kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia ini”, ujar Ary. 

“Semoga kita semua dapat mengambil hikmah serta mampu meniru semangat patriotisme dan nasionalisme beliau-beliau dalam memenangkan berbagai tantangan kehidupan yang akan kita hadapi dalam menjalankan tugas maupun pada kehidupan sehari-hari”, sambung Ary.

Dalam kegiatan kerja bakti ini, petugas pemasyarakatan Rutan Pemalang membersihkan seluruh area makam menggunakan sapu dan peralatan lainnya. Serta melakukan pengecatan ulang pada kijing dan nisan makam.  

Sebagai informasi, TMP Jayana Sureng Yudha Penggarit adalah sebutan untuk kompleks pemakaman Wijaya Brata yang berlokasi di Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. 

Mengutip dari laman penggarit.desa.id, Penggarit merupakan basis perjuangan prajurit Korps Marinir zaman dulu yang diawali dari peristiwa 19 Desember 1948 saat Belanda melacarkan kembali agresinya di Indonesia dengan menyerbu secara membabi buta kota Yogyakarta. (Ragil 74)


Editor: red

Komentar

Terkini