Warga Pantura Senang, Bank NTT Siapkan Kredit Merdeka Tanpa Bunga 

Warga Pantura Senang, Bank NTT Siapkan Kredit Merdeka Tanpa Bunga 

ORBIT NEWS, Belu - Ratusan Warga Pantai Utara asal Desa Jenilu dan Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak mengikuti Sosialisasi Kredit Bank Merdeka, usai Penyerahan Bantuan Cool Box 30 Unit kepada Kelompok Lafahi dan Kelompok Mawar asal Desa Dualaus dan Kelompok Has Laran asal Desa Jenilu.

Sosialisasi Kredit Merdeka oleh Kepala Bank NTT Cabang Atambua, Adrianus B. Pontus, digelar di halaman Kantor Desa Jenilu, Jumat (02/09/2022),  diikuti Bupati Belu, Plt. Kadis Perikanan dan Kelautan, Camat Kakuluk Mesak, Unsur Forkopimcam, Kepala Desa Jenilu, Kepala Desa Dualaus dan ratusan warga Pantura.

Hasil pantauan ini, warga sangat antusias mengikuti kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Belu.

"Bank NTT  menyiapkan program kredit merdeka bagi pelaku UMKM, Pedagang dan Pemasar Hasil Ikan.
"Mama-mama kelompok pemasar hasil ikan, bisa memperoleh kredit  dengan bunga nol rupiah," ucap Adi Pontus disambut tepuk tangan warga pantura.

Dijelaskan Pontus, kondisi sulit seperti sekarang ini memberi peluang bagi para rentenir untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya.
"Mereka menawarkan pinjaman uang dengan bunga yang besar," sebut Kepala Bank NTT.

Demi membantu pelaku usaha terbebas dari jeratan rentenir, Bank NTT Cabang Atambua menyiapkan program kredit merdeka dengan bunga nol rupiah.
“Istilah merdeka itu, merdeka dari rentenir dengan jumlah pinjaman sebesar 5 juta rupiah bagi pelaku usaha menengah ke bawah dalam tempo selama satu tahun,” ujar Adi Pontus.

Ia menambah, dalam mengajukan pinjaman, calon peminjam cukup menyiapkan persyaratan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga. 
“Yang bisa mengakses pinjaman kredit merdeka hanya pelaku usaha menengah dan bukan pegawai negeri sipil. Kita berharap masyarakat, khususnya pelaku UMKM untuk bisa mengakses kredit merdeka demi membantu usaha mereka," katanya. (prokopimbelu).


Editor: red

Komentar

Terkini