Musdes Prioritas Harus Murni dari Aspirasi Masyarakat

Musdes Prioritas Harus Murni dari Aspirasi Masyarakat

ORBIT NEWS, Belu - Pemerintah Desa Fatubaa telah berhasil mengidentifikasi potensi dan permasalahan di dusun, yang mencakup bidang sosial budaya, ekonomi produktif warga dan sarana prasarana fisik lingkungan, sekaligus alternatif solusi atau pemecahan masalahnya.

Hal itu ditandai dengan gelaran Musyawarah Desa Prioritas Usulan Tahun Anggaran 2023, yang berlangsung di Aula Kantor Desa Fatubaa, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Selasa (06/09/2022).

"Jadi semua aspirasi warga bisa diserap dan hasil dalam Musyawarah Dusun (Musdus) tersebut akan direkap oleh Tim dan diajukan untuk ditetapkan sebagai usulan prioritas pembangunan yang akan menjadi bahan masukan dalam pelaksanaan forum musyawarah desa prioritas," ungkap Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM saat menjadi pembicara di forum tersebut.

Wabup Belu menjelaskan, setelah perengkingan prioritas desa, akan disepakati kegiatan mana yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Desa Fatubaa. Dengan demikian, kebutuhan prioritas yang harus diutamakan, bukan kepentingan yang diprioritaskan.

"Kita berharap, setiap usulan prioritas masyarakat tidak boleh diintervensi oleh siapapun. Kita juga tidak boleh memaksakan kehendak, tetapi harus murni aspirasi semua masyarakat desa Fatubaa," ujar Wabup mengingatkan.

Selain itu, tutur Wabup Belu bahwa musyawarah sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat untuk mencari solusi bersama, dimana muara musyawarah adalah mufakat atau kesepakatan bersama.

"Sedangkan inti dari musyawarah ialah dialog dan gotong royong, dimana masing-masing orang mengungkapkan dan menyerap pendapat, sehingga mempunyai pemahaman yang sama dalam menentukan atau mengambil suatu keputusan," katanya.


Editor: red

Komentar

Terkini