KPK Layak Audit PT. Aneka Usaha Pemalang yang Diduga Terindikasi Korupsi

KPK Layak Audit PT. Aneka Usaha Pemalang yang Diduga Terindikasi Korupsi

ORBIT NEWS, Pemalang - Beras Mapan, keberadaan tidak seperti namanya, dari munculnya monopoli penjualan beras ke PNS dan pegawai BUMD di Kabupaten Pemalang Provinsi Jawa Tengah telah membuat permasalahan tersendiri dari beras yang bermerk Mapan. 

Penjualan, distribusi dan tata kelola beras yang dibandrol Rp 12.500 per kg yang dikelola oleh PT. Aneka Usaha Kabupaten Pemalang Perseroda ini banyak menuai kritik yang diduga melanggar Undang-undang Perlindungan Konsumen.

Karena harga normal yang paling super dipasaran umum hanya Rp 10.000/Kg, maka pemasaran beras mapan yang sudah dijalani oleh PT. Aneka Usaha hampir dua tahun.

Setelah adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 11 Agustus 2022 terhadap Bupati Pemalang yang sekarang non aktif Mukti Agung Wibowo, Direktur Utama PT. Aneka Usaha Kabupaten Pemalang (Perseroda) mengeluarkan surat pemberitahuan kepada Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat tertanggal 22 Agustus 2022 mengenai penurunan harga dari Rp 12.500/kg menjadi Rp 10.000/kg. 

"Menindaklanjuti hasil arahan dari bapak Wakil Bupati selaku Plt. Bupati, Kabupaten Pemalang pada hari Rabu tanggal 17 Agustus 2022, bersama ini
kami sampaikan bahwa mulai bulan September 2022 terdapat penurunan harga beras untuk ASN yang semula dari harga Rp 12.500/Kg menjadi
10.000/Kg." kutipan surat yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT. Aneka Usaha Kabupaten Pemalang Eko Hari Karyanto. 

Distribusi atau penjualan beras Mapan ini oleh Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang dinyatakan ditunda pembeliannya, dan tindakan Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang ini diikuti oleh beberapa BUMD di Kabupaten Pemalang yang saat ini menerima beras dari PT. Aneka Usaha Kabupaten Pemalang (Perseroda). 

Dikemukakan oleh Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Pemalang Slamet Efendi melalui Direktur Umum dan administrasi Moch Arief Setiawan bahwa Perumda Tirta Mulia Pemalang menghentikan sementara pembelian beras ke PT. Aneka Usaha Kabupaten Pemalang (Perseroda). 


Editor: red

Komentar

Terkini