Diduga Lakukan Pungli, Beberapa Oknum Kepsek dan Ketua Komite Sekolah Negeri di Purworejo Dilaporkan ke Kejaksaan

Diduga Lakukan Pungli, Beberapa Oknum Kepsek dan Ketua Komite Sekolah Negeri di Purworejo Dilaporkan ke Kejaksaan

ORBIT NEWS, Purworejo - Diduga melakukan pungutan liar (pungli), beberapa oknum Kepala Sekolah dan Ketua Komite di Sekolah Negeri yang ada di Kabupaten Purworejo di laporkan ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Purworejo.

Beberapa Sekolah Negeri yang di laporkan ke Kejaksaan Negeri Purworejo tersebut antara lain, SMP N 6 Purworejo, SMA N 6 Purworejo, SMA N 7 Purworejo dengan dugaan pungutan liar, dan SMP N 33 Purworejo dengan dugaan Pemotongan Dana PIP dan penahanan ijazah.

Laporan dugaan adanya pungutan liar yang dilakukan oleh beberapa oknum Kepala Sekolah dan Ketua Komite tersebut diawali dari temuan kuitansi-kuitansi pembayaran di beberapa Sekolah Negeri.

Kuitansi-kuitansi dari beberapa Sekolah Negeri yang ada di Kabupaten Purworejo tersebut di duga merupakan pungutan liar yang dilakukan oleh oknum Kepala Sekolah dan Ketua Komite dengan dalih sumbangan.

Kemudian awak media orbitnews.id mendatangi Sekolah-sekolah Negeri di Purworejo yang mengeluarkan kuitansi-kuitansi tersebut dan menanyakan kebenaran terkait pembayaran sumbangan tersebut kepada Kepala Sekolah maupun Komite Sekolah.

Dari beberapa Sekolah Negeri yang di datangi, dan Kepala Sekolah maupun Ketua Komite yang di temui, mereka membenarkan adanya pembayaran tersebut, namun oknum-oknum tersebut merasa tidak melakukan pungutan liar tapi sumbangan.

Perlu diketahui, jika sumbangan, harus bersifat sukarela dan tidak ada nominal maupun jangka waktunya, namun yang di lakukan oleh beberapa oknum Kepala Sekolah dan Ketua Komite tersebut pembayarannya ada jumlah atau nominalnya dan ada jangka waktunya, sehingga hal tersebut di duga merupakan pungutan liar.


Editor: red

Komentar

Terkini