Gampong Sukarejo Budidaya Ikan Nila dan Pembibitan Sayuran Pada Program Ketahanan Pangan Desa TA.2022 

Gampong Sukarejo Budidaya Ikan Nila dan Pembibitan Sayuran Pada Program Ketahanan Pangan Desa TA.2022 

ORBIT NEWS, Langsa - Program Ketahanan Pangan Gampong (Desa) Sukarejo, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa, Aceh memanfaatkan Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2022 dengan mengembang budidaya ikan Nila pada lahan Gampong dengan membuat 10 unit kolam dari terpal, melibatkan warga saat membuat kolam tersebut dengan demikian keluarga miskin mendapatkan manfaat sekaligus mendapatkan lapangan pekerjaan.

Geuchik (Kepala Desa) Gampong (Desa) Sukarejo, Zubir, kepada media ini, Sabtu, 10 September 2022 mengatakan, "Kami siap menjalankan amanat Peraturan Presiden nomor 104 Tahun 2021 khususnya kebijakan dana Desa. Penggunaan 20 persen dana Desa untuk ketahanan pangan, disamping budidaya Ikan Nila ini ,kami telah melakukan mapping kegiatan dan jenis Padat Karya Tunai Desa (PKTD) pertanian dengan memberikan pupuk kepada para petani sawah beberapa waktu lalu dengan jumlah 145 karung pupuk yang dapat digunakan untuk lahan persawahan yang di miliki oleh Gampong ini,” ujar Geuchik Zubir.

Geuchik, Zubir, juga mengatakan, "untuk 10 kolam yang kami buat ini kami isikan ikan Nila sebanyak 10.000 ekor, jadi setiap kolam kami kami 1000 ekor, nanti jika ikan Nila ini sudah siap panen kami akan bagi kepada warga," sebutnya.

Lanjutnya, "kami juga sudah membuat tempat pembibitan tanaman sayuran sebagai tambahan dan semua itu masuk dalam program ketahanan pangan Gampong (Desa) Sukarejo ini," tutupnya.(Mtf).


Editor: red

Komentar

Terkini