Utamakan Keselamatan CV. Muda Tata Sarana Pekerja Pakai Safety Belt

Utamakan Keselamatan CV. Muda Tata Sarana Pekerja Pakai Safety Belt

ORBIT NEWS, Langsa - Safety Belt befungsi agar para pekerja pada gedung yang tinggi jika terjadi kecelakaan tidak langsung jatuh ke tanah, dengan menggunakan Safety Belt para pekerja menjadi aman saat melaksanakan pekerjaannya. 

Dalam peraturan K3 kontruksi Indonesia pemerintah telah mengeluarkan aturannya seperti UU.No.2 tahun 2017 tentang kontruksi, permen PU nomor 5 tahun 2014 tentang pedoman SMK3 kontruksi bidang pekerjaan umum, PP nomor 50 tahun 2012 tentang penerapan SMK3, permen PU nomor 9 tahun 2008 tentang pedoman AMK3, keputusan Bersama Menteri Tenaga kerja dan menteri PH KEP.174-Men-1986 nomor 104-kpts-1986 tentang K3 di tempat kegiatan kontruksi. 

Selanjutnya permenakertrans nomor 1 tahun 1980 tentang K3 pada  kontruksi Bangunan, UU nomor 1970 tentang keselamatan kerja dan permen PUPR02 tahun 2017.

Amatan awak media orbitnews.id, di lokasi rehabilitasi atap dan plafon gedung cabang Dinas Pendidikan Aceh Jalan BTN Seuriget, Gampong Seuriget, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Aceh, para pekerja pada gedung tersebut mengunakan Safety belt saat bekerja pada ketinggian 8 meter yang sedang melakukan pembongkaran atap gedung tersebut.

Kepala Tukang yang belum diketahui namanya yang mengkoordinir para pekerja rehabilitasi atap dan plafon gedung Cabang Dinas Pendidikan Aceh kepada media ini mengatakan, "semua fasilitas seperti Safety belt, rombj dan helem proyek udah diberikan oleh pihak rekanan CV. Muda Tata Sarana, para pekerja sebutnya tidak biasa memakai rompi dan helem, khusus helem sebut jika di pakai oleh pekerja katanya sering terganggu," sebutnya.

Saran kami media semua fasilitas keselamatan harus di pakai saat sedang melakukan pekerjaan karena jika tak dipakai melanggar aturan yang telah si tetapkan oleh pemerintah. Memakai alat K3 itu untuk keselamatan pekerja.

Untuk keterangan lebih lanjut belum di peroleh dari pihak pelaksana rehabilitasi atap dan plafon gedung cabang Dinas pendidikan Aceh CV. Muda Tata Sarana dan perusahaan pengawas CV Kreasi Design consultants sampai berita ini dikirim ke redaksi.(Mtf)


Editor: red

Komentar

Terkini