Wujudkan Deklarasi ODF, Pemkab Belu Percepat Penyelesaian STBM

Wujudkan Deklarasi ODF, Pemkab Belu Percepat Penyelesaian STBM

ORBIT NEWS, Atambua - Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Belu akan melaksanakan Deklarasi Kabupaten ODF (Open Defecation Free). Sesuai rencana, ada 22 Desa di 12 Kecamatan yang akan melakukan deklarasi ODF pada tanggal 19 September 2022 mendatang. 

Sesuai jadwal, Tim BP4D akan berkonsultasi ke Provinsi pada tanggal 21 September, kemudian Tim Provinsi akan melakukan verifikasi lapangan pada tanggal 28-29 September. 

Kendati masih tersisa 135 KK yang  belum layak STBM, namun Pihak Pemerintah Kabupaten Belu dan Yayasan Pijar Timur Indonesia (YPTI) tetap berkomitmen kuat untuk mewujudkan Deklarasi ODF sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi Percepatan ODF (Open Defecation Free) yang dipimpin Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH,FINASIM
di Aula BP4D Kabupaten Belu, Rabu (14/09/2022). Ikut hadir dalam rakor tersebut,  Plt. Kepala BP4D, Plt. Kadis PU, Plt. Kadis Pendidikan, Danramil, Kapolsek, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Belu. 

Pada kesempatan itu Bupati Belu menegaskan bahwa, pembangunan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan hal yang mendesak, mengingat penilaian orang terhadap budaya dan prilaku keseharian kita, "Ketika kita bertamu ke rumah orang, hal pertama yang kita lihat adalah jambannya," ucap Bupati.

Untuk meraih Kabupaten ODF, WHO telah menetapkan sejumlah syarat kesehatan lingkungan yang harus dipenuhi, sehingga kita bisa memperoleh DAK dan bantuan lainnya, "Ini dibutuhkan kerja keras dan komitmen kuat dari kita semua," tandasnya.

Bupati Belu juga mengatakan, Pemerintah akan tetap memperhatikan sanitasi di sekolah dan tempat umum lainnya, "Upaya kita ke depan adalah bagaimana memberdayakan APBD dan APBDes, agar setiap tahun dianggarkan untuk pembangunan sanitasi yang layak," katanya.


Editor: red

Komentar

Terkini