Ketua DPRD Indramayu Dukung Penuh Aspirasi Masyarakat Untuk Mengusung Hak Angket Saat Unras ARI

Ketua DPRD Indramayu Dukung Penuh Aspirasi Masyarakat Untuk Mengusung Hak Angket Saat Unras ARI

ORBITNEWS, INDRAMAYU, - Ratusan massa yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Indramayu ( ARI ) dan Aliansi Pelajar Menggugat ( APM ) menggelar Aksi Unjuk Rasa menuntut DPRD Indramayu untuk segera lakukan Hak Angket kepada Bupati Indramayu Nina Agustina, Unjuk rasa digelar di halaman kantor Bupati Indramayu dan halaman kantor DPRD kabupaten Indramayu. Selasa ( 20/9/2022 )

Keprihatinan masyarakat akan roda pemerintahan Pemerintah Daerah ( Pemda ) Kabupaten Indramayu akhirnya menuai reaksi dari berbagai lapisan elemen masyarakat. Ratusan Massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indramayu yang terdiri dari elemen masyarakat Petani, Nelayan, Seniman, Budayawan serta masyarakat Indramayu pada umumnya dan Aliansi Pelajar Menggugat melakukan aksi unjuk rasa kepada Bupati Indramayu Nina Agustina dan DPRD kabupaten Indramayu. Aksi yang di gelar di halaman kantor Bupati Indramayu dan halaman DPRD Indramayu menuai simpatik masyarakat, Pasalnya masyarakat yang selama ini terdiam melihat kurang bijaknya pemerintah daerah dalam rangka menjalankan roda pemerintahannya merasa terluapkan.

Dalam aksi tersebut, ARI menyuarakan beberapa tuntunan di antaranya :
1. Perizinan/Infrastruktur skala prioritas
2. Ketidak harmonisan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu
3. Bubarkan Perumda
4. Tegakan Reforma Agraria
5. Bayar honor guru madrasah dan nakes satgas Covid - 19
6. Batalkan 6001 penari topeng yang biayanya di bebankan kepada wali murid dan Dana BOS setiap sekolah
7. Batalkan rencana APBD yang tidak berpihak kepada rakyat
8. Kriminalisasi Banprov RSUD Indramayu
9. Tolak Marger Sekolah Dasar
10. Usut dugaan pengondisian proyek APBD
11. Terapkan SOP Distribusi pupuk subsidi
12. Bubarkan DPMPTSP

Agenda unjuk rasa di mulai dari GOR Singalodra Indramayu selanjutnya massa bergerak ke depan pendopo Bupati Indramayu. Akan tetapi sangat di sayangkan, Massa aksi unjuk rasa tidak di temui oleh bupati sehingga massa aksi unjuk rasa bergerak ke depan kantor DPRD kabupaten Indramayu.

Adapun tuntutan yang paling menonjol adalah agar DPRD Indramayu segera gunakan Hak Angket kepada Bupati Indramayu. Hak angket sendiri adalah hak untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan suatu undang-undang/kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, Strategis dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, Berbangsa dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Urip Triandri ketua kordinator lapangan menyampaikan dalam orasinya di depan gedung DPRD Indramayu

" Percuma ada dinas perijinan kalau sebagai kurator kalau keputusannya mesti harus Bupati, lebih baik di bubarkan saja dinas perijinan dan ini yang sangat di sesalkan oleh warga Indramayu,” terangnya


Editor: red

Komentar

Terkini