Imigrasi Sumbawa adakan Sosialisasi M-Paspor di sambut positif oleh Travel Umroh dan Tokoh Masyarakat 

Imigrasi Sumbawa adakan Sosialisasi M-Paspor di sambut positif oleh Travel Umroh dan Tokoh Masyarakat 

ORBITNEWS, Sumbawa Besar,NTB - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB mengadakan Sosialisasi Aplikasi M-Paspor yang diikuti Peserta Sosialisasi berasal dari Dinas Dukcapil Kabupaten Sumbawa, Kantor Kemenag Kab. Sumbawa, Travel Perjalanan Haji dan Umroh, Mahasiswa Universitas Samawa, Wartawan dan Tokoh Masyarakat Sumbawa.(21/09) 

Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Tikkim Erna Loreta Silalahi, Analisis Keimigrasian Ahli Pertama, Moh. Taufan Adhiguna sebagai Moderator dan Analis Keimigrasian Ahli Pertama Tommy Ardhani sebagai Narasumber.

Materi yang disampaikan terkait Aplikasi M-Paspor yang diluncurkan di Puncak Hari Bhakti Imigrasi ke-72 tanggal 27 Januari 2022, melalui aplikasi ini pemohon dapat mengajukan permohonan paspor dengan cara mengunggah scan berkas ke aplikasi. Jadi, saat di Kantor Imigrasi pemohon hanya memperlihatkan berkas asli saja saat wawancara dan memangkas waktu tatap muka;

Dalam Sosialisasi yang diadakan di Meeting Room Grand Sumbawa Hotel Keimigrasian Sumbawa menyampaikan fitur-fitur unggulan M-Paspor antara lain Pembayaran PNBP diawal, Cek Status Permohonan Paspor, Validasi NIK Dukcapil, Reschedule jadwal kedatangan dan integrasi Dokumen Perjalanan RI. Dimana untuk pembayaran PNBP dapat dilakukan melalui BANK, Marketplace (Tokopedia dan Bukalapak), Kantor Pos dan Indomaret dengan batas waktu pembayaran hanya dua jam setelah dokumen diunggah.

Dalam kesempatan ini, orbitnews.id wawancarai salah salah satu Pengurus Travel Umroh & Haji Khusus Gazali Tour saat jeda sosialisasi tersebut. 

"Kegiatan ini sangat penting, khususnya kami sebagai Pihak Travel yang melayani pelayanan Paspor untuk calon jama'ah yang akan ke Tanah Suci. Dengan M-Paspor baik data dan dokumen lainnya dapat di input secara sistematis". ujar Adhietya. 

Analis Keimigrasian Ahli Pertama Tommy Ardhani menambahkan dengan harapan, Semoga kegiatan ini kami berharap dapat meningkatkan pemahaman terkait dokumen perjalanan Republik Indonesia serta prosedur dan penggunaan aplikasi M-paspor, jelas Tommy. [Djt/adt.red]


Editor: red

Komentar

Terkini