Petani Di Belu Dapat Kredit Mikro "MERDEKA" Senilai RP 145 Juta

Petani Di Belu Dapat Kredit Mikro "MERDEKA" Senilai RP 145 Juta

ORBITNEWS, TASIFETOTIMUR -  Pemerintah Kabupaten Belu dibawah Kepemimpinan Bupati Belu dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH,FINASIM dan Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM terus berupaya meningkatkan kapasitas petani kecil melalui kegiatan pembiayaan mikro dan dukungan keterampilan agronomi untuk meningkatkan hasil panen.

Salah satu kegiatan strategis yang dimotori Pemerintah Kabupaten Belu untuk memperluas akses pembiayaan mikro bagi petani, dengan menggandeng Syngenta dan Bank NTT untuk mengembangkan kegiatan pertanian dengan menggunakan teknologi yang lebih baik termasuk benih dan peralatan.

Salah satu perwujudan akses pembiayaan yang dilaksanakan adalah, Penyerahan secara simbolis Kredit Merdeka Pertanian Holtikultura (Tomat & Lombok) dari Bank NTT sejumlah Rp. 145.000.000 kepada Enam Kelompok Tani asal Desa Umaklaran, Desa Fatubaa, Desa Dafala dan Desa Takirin, Rabu (21/09/2022).

Enam Kelompok Tani Binaan Syngenta adalah Kelompok Wekalabiun (Rp.15.000.000)., Kelompok 51 Junior (Rp.35.000.000)., Kelompok Buburlaka (Rp. 30.000.000)., Kelompok Bika Daka (Rp.20.000.000)., Kelompok Beabantur Remang (Rp.20.000.000) dan Kelompok Laran Mesak (Rp. 25.000.000)

Bupati Belu pada kesempatan tersebut, mengungkapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam penyaluran dana kepada masyarakat Kabupaten Belu, terutama Bank NTT yang memberikan bantuan dana merdeka tanpa anggunan bunga kepada masyarakat. 
"Kita senang hadir disini untuk mengikuti penyerahan kredit merdeka. Bank NTT merupakan Bank milik masyarakat NTT, termasuk masyarakat Belu. Kita masuk rangking 10 dalam penyertaan modal di Bank NTT dan satu tahun kedepan kita akan menyertakan modal 7,5 miliar di Bank NTT," ungkap Bupati Belu. 

Dijelaskan bahwa, tujuan akhirnya dari semua ini adalah untuk memberdayakan masyarakat keluar dari kemiskinan, sehingga masyarakat menjadi sejahtera," katanya. 

Bupati Belu juga berpesan kepada kelompok tani, agar jangan takut dengan pinjaman, karena Syngenta selalu mendampingi para petani.
"Saya mengharapkan agar pinjaman yang diterima dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan," tandasnya.
 
Diakhir sambutan, Bupati Belu kembali menyampaikan terima kasih kepada Bank NTT yang selalu bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyalurkan dana-dana bantuan kepada masyarakat Kabupaten Belu, sehingga pengembangan perekonomian di daerah ini menjadi lebih baik," pungkasnya. 


Editor: red
Sumber: prokopimbelu

Komentar

Terkini