Sampah Produk RT Warga Kota Langsa Terus Bertambah Dibeberapa Lokasi diperlukan Kesadaran Warga

Sampah Produk RT Warga Kota Langsa Terus Bertambah Dibeberapa Lokasi diperlukan Kesadaran Warga

ORBITNEWS, Langsa,- Sampah bertumpuk Dibeberapa ruang pinggir jalan si dalam wilayah Pemerintah Kota Langsa sepertinya tidak teratasi dengan baik, pada hal Dinas yang menangani masalah kebersihan dalam wilayah Kota setiap jam melakukan pembersihan dengan mengangkutnya mengunakan Armada ke tempat pembuangan akhir, namun tidak begitu lama Armada mengangkut sampah berlalu, sampah sudah menumpuk lagi ditempat tertentu, berarti begitu tinggi rumah Tangga warga Kota Langsa memproduksi sampah yang membuangnya ditumpukkan sampah di pinggir-pinggir jalan.

Pada hal, pemerintah Kota Langsa sudah menyarankan kepada pemerintah Gampong agar warganya menyangkut sampah di pintu-pintu pagar agar memudahkan para pemungut sampah mengambilnya dengan Armada mini sampah milik Gampong untuk di angkut ke Depo sampah yang sudah disiapkan oleh pemerintah Kota Langsa, namun sepertinya himbauan pemerintah kota Langsa tidak berjalan, di duga pemerintah Gampong tidak mengelola dengan baik, mungkin diperparah lagi dengan tidak mau membayar iuran angkut sampah oleh warganya, sehingga warganya sudah membiasakan membuang ke berbagai lokasi yang sudah ada sampah yang dibuang oleh orang lain, sehingga sampah menjadi menumpuk jika petugas lama tidak mengangkatnya.

Dibeberapa lokasi memang dijumpai spanduk larangan membuang sampah akan tetapi warga juga masih membuangnya ditempat tersebut seperti di Peukhoe (sengaja). Perlu kesadaran warga untuk tidak membuang sampah di sembarangan tempat.

Salah seorang, Jamin, saat ngopi bareng dengan awak media Orbitnews.id di salah salah satu cafe, Kamis, 22 September 2022 mengomentari permasalahan sampah yang tidak habisnya untuk disikapi di Kota Langsa mengatakan, salah satu masalah lingkungan terbesar di Kota Langsa saat ini dan masa yang akan datang yang kita hadapi adalah masalah sampah Produk rumah Tangga yang tidak terhindarkan setiap individu warga memproduksi sampah.

Dengan kian bertambahnya jumlah rumah Tangga dan populasi penduduk Kota Langsa, maka jumlah produksi sampah rumah tangga pun cenderung terus meningkat. Saat ini nyaris tak ada tempat dan pinggir jalan dalam kota Langsa ini yang benar-benar bersih dari sampah. Mulai dari kawasan jalan Gampong yang disesaki warga perumahan yang luas area lingkungan rumahnya sempit hingga ke kota kita dapat jumpai dengan mudah tebaran aneka macam sampah, sebutnya.
Lanjut Jamin lagi, Secara umum, pengetahuan ihwal pengelolaan sampah maupun kesadaran lingkungan warga Kota Langsa sejauh ini memang masih sangat rendah. Oleh karena itu, edukasi untuk meningkatkan pengetahuan terkait pengelolaan sampah rumah tangga dan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat perlu gencar dilakukan oleh berbagai pihak terutama sekali para Geuchik, umum Gampong, dan para Tuha Peut Gampong di bebergai kesempatan, bahwa sampah Produk Rumah Tangga jangan lagi di buang keluar cukup di sangkut di pintu pagar rumah masing-masing dan akan di angkut oleh armada mini milik Gampong, sebutnya.

Perlu ada himbauan dari pemerintah Kota Langsa dan pemerintah Gampong (Desa) secara kontinyu menghimbau kepada warga agar tidak membuang sampah keluar dari lingkungan rumah, supaya pinggir jalan yang ada di kota Langsa ini tidak dihiasi oleh sampah Produk Rumah Tangga tersebut.(Mtf)


Editor: red

Komentar

Terkini