Diduga Ada Pungli Ratusan Ribu dalam Pelaksanaan Isbat Massal di Kecamatan Sliyeg

Diduga Ada Pungli Ratusan Ribu dalam Pelaksanaan Isbat Massal di Kecamatan Sliyeg

ORBITNEWS, INDRAMAYU - Kabar miring merebak setelah diadakannya sidang isbat nikah secara masal di KUA Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Sejatinya pelaksanaan isbath massal yang berlangsung pada 30 agustus 2022 itu berjalan lancar. Namun, masih menyisakan pertanyaan, kenapa isbat masal tersebut biayanya mencapai ratusan ribu.

Menurut salah satu sumber yang tidak mau disebutkan namanya, kepada media mengatakan, kalau isbat masal yang dilaksanakan di kecamatan sliyeg dipungut biaya sebesar Rp. 800 ribu/pasang. Biaya itu katanya, selain untuk biaya di Pengadilan Agama juga untuk proses pencetakan buku nikah di KUA. 

"Saya tidak tahu pasti berapa biaya yang dikeluarkan untuk isbat tersebut karena di koordinir oleh ketua ALS," ungkapnya.

"Uang tersebut juga digunakan untuk mencetak buku nikah di KUA, berapa besarannya koordnasi saja sama ketua, yang pasti ada biaya untuk mencetak buku nikah yang dikeluarkan oleh KUA," tutur sumber tersebut.

Koordinator Asosiasi Lebe Sliyeg (ALS) yang berinisial T saat dihubungi lewat whatsaap, tidak menampik kalau program isbath massal yang dilaksanakan di kecamatan sliyeg itu dikenai biaya Rp. 800 ribu.
Menurutnya, program isbath massal itu bukan program gratis atau prodeo melainkan reguler atau normal (bayar). Dan pembayarannya dilakukan di Pengadilan Agama Indramayu.

"Program isbath massal ini tidak gratis tapi bayar seperti biasanya (normal)," ucap T kepada media (17/9/2022).

Namun ia tidak merinci berapa besaran biaya yang dikeluarkan untuk biaya isbat dan pengambilan buku nikah tersebut.


Editor: red

Komentar

Terkini