Lestarikan Adat Istiadat Sedekah Bumi, Pemdes Pranggong Gelar Do'a Bersama

Lestarikan Adat Istiadat Sedekah Bumi, Pemdes Pranggong Gelar Do'a Bersama

ORBITNEWS, INDRAMAYU,-  Pemerintah Desa Pranggong Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu Jawa Barat menggelar acara Sedekah Bumi di kantor desa setempat, rabu (9/112022).

Masyarakat Desa Pranggong nampak berbondong-bondong membawa nasi tumpeng komplit dengan lauk pauknya yang kemudian dikumpulkan di halaman Kantor Desa.

Kuwu Desa Pranggong H. Syaripudin kepada media mengatakan, kegiatan sedekah bumi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil bumi yang melimpah serta  persiapan dalam menyambut musim tanam.

"Hari ini, kita laksanakan acara sedekah bumi untuk menjaga serta melestarikan adat istiadat dengan menggelar doa bersama (Istigosah)," kata H. Urip sapaan akrabnya.

"Acara sedekah bumi ini merupakan adat istiadat dari jaman dulu dan kita tinggal mengikutinya," imbuhnya.

Lanjut H. Urip, adat istiadat seperti sedekah bumi ini bisa dilaksanakan dengan menggelar doa bersama atau dengan hiburan seni tradisional seperti wayang kulit maupun sandiwara. Dan untuk tahun ini, sedekah bumi dilaksanakan secara sederhana dengan menggelar doa bersama (Istigosah).

"Doa bersama ini dilaksanakan dengan tokoh masyarakat, para ulama dan para ustadz," ungkapnya.


Editor: red

Komentar

Terkini