Bupati Belu Raih RTH Awards Hasil Kerja Keras Semua Pihak

Bupati Belu Raih RTH Awards Hasil Kerja Keras Semua Pihak

Foto Forkopimda Belu

ORBITNEWS, ATAMBUA - Kabupaten Belu terpilih sebagai salah satu daerah dari 5 kabupaten/kota di Indonesia yang menerima Penghargaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Awards Tahun 2022 dari Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Hadi Tjahjanto, di Jakarta Selatan pada Selasa, 8 November 2022.

Terpilihnya Kabupaten Belu untuk menerima penghargaan tersebut, karena dinilai sebagai salah satu daerah yang menunjukkan komitmen dalam penyediaan Ruang Terbuka Hijau.
"Penghargaan RTH Award diperoleh berkat kerja keras seluruh elemen masyarakat Kabupaten Belu. Terima kasih kepada Camat, Lurah, Kepala Desa dan seluruh ASN," ungkap Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM di Apel Awal Minggu, Senin (14/11/2022).

Bupati Belu pada kesempatan itu mengapresiasi seluruh jajaran Dinas Lingkungan Hidup dan PUPR serta seluruh instansi jajaran lingkup Pemkab Belu, yang terus menunjukkan peningkatan kinerja yang luar biasa.
"Kalau tidak ada campur tangan dari semua pihak, maka akan sia-sia. Sekali lagi ini penghargaan untuk masyarakat Belu. Terima kasih juga kepada kelompok-kelompok komunitas, yang sudah bekerja untuk mengisi ruang terbuka hijau. Sesuai amanat Undang-Undang, luasan RTH minimum adalah 30 persen, yakni 20 persen RTH publik dan 10 persen RTH privat," ucap Bupati, sembari mengatakan, bahwa untuk RTH private sudah memenuhi, tetapi untuk RTH Publik masih kurang terutama di DAS.

Kendati demikian, Kabupaten Belu bersama 4 kabupaten/kota lainnya diundang ke Jakarta, karena dinilai sebagai daerah yang menunjukkan komitmen dalam penyediaan Ruang Terbuka Hijau.
"Kita tetap berkomitmen untuk menyediakan RTH, baik di pantai dan dilapangan, termasuk daerah yang mengalami erosi kritis, kemudian DAS, agar kita menanam dengan tanaman terutama di daerah-daerah longsor," katanya.

Mengantisipasi banjir dan badai, mengingat musim hujan yang masih berlanjut dibulan November dan kemungkinan adanya angin puting beliung, Bupati Belu mengingatkan kepada Badan Bencana, PUPR dan Lingkungan Hidup agar bekerja sama mengantisipasi setiap kemungkinan yang akan terjadi.
"Kita harus meningkatkan kewaspadaan secara dini, dengan memperhatikan sejumlah ruas jalan yang masih digenangi air yang tinggi, termasuk selokan-selokan yang masih tersumbat. Buat resapan kebawah dan cek titik-titik tersebut untuk dibenahi," pinta Bupati Belu.

Lebih jauh, tutur Bupati Belu bahwa, Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan salah satu fungsi yang wajib ada di Rencana Tata Ruang Wilayah terutama di perkotaan.
“Kebutuhan RTH sebesar 30 persen memang harus terus diupayakan semua pihak, terutama warga kota. kita harus memaksimalkan fungsi dan pemanfaatan RTH yang sudah ada, sehingga meningkatkan fungsi interaksi warga dengan RTH tersebut. Oleh karena itu, perhatikan setiap perizinan sesuai aturan yang berlaku," tandasnya. 


Editor: red
Sumber: prokopimbelu

Komentar

Terkini