KARANG TARUNA KOORDINASI DAN DISKUSI DENGAN Pj. BUPATI ACEH TIMUR TENTANG KEGIATAN SEMILOKA

KARANG TARUNA KOORDINASI DAN DISKUSI DENGAN Pj. BUPATI ACEH TIMUR TENTANG KEGIATAN SEMILOKA

ORBITNEWS, – Ketua Karang Taruna Aceh Timur Drs. Ridwan Hasan didampingi Ketua Tim Indonesia Maju Aceh Timur Yonnas RH melakukan koordinasi & diskusi ringan dengan Pj. Bupati Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si di Pendopo Bupati Idi Rayeuk. (Kamis, 17 November 2022  )

Dalam suasana rileks sambil ngopi siang bersama di Pendopo, kami sampaikan wacana dan pandangan serta progres Pembangunan Aceh Timur khususnya dalam bidang peningkatan SDM generasi milenial sesuai potensi yang dimiliki serta sesuai SDA yang dimiliki. Dalam diskusi singkat tersebut yang sangat kooperatif dan komunikatif kami menyampaikan bahwa di era otonomi daerah saat ini, memberi peluang bagi pemerintah daerah untuk menyusun kebijakan dan program pembangunan SDM sesuai potensi SDA yang dimiliki dan kebutuhan masyarakat. Pembangunan SDM mempunyai posisi strategis apabila diarahkan sesuai dengan potensi SDA, karena SDM yang berkualitas akan mampu menjaga pelestarian lingkungan yang juga memiliki potensi sebagai daerah Pariwisata baik wisata alam, wisata adat maupun wisata budaya dan religi sebagai sumber potensi ekonomi.

Pj. Bupati menyambut baik wacana tersebut, beliau mengharapkan Karang Taruna harus mampu mengidentifikasi dan mengklasifikasi potensi-potensi SDA yang dapat dijadikan sebagai Potensi sumber daya ekonomi bagi kaum milenial dan masyarakat di Aceh Timur. Dalam hal ini pihak kami akan menindaklanjuti arahan beliau melalui forum Seminar Lokakarya dengan tujuan memberikan gambaran potensi SDA dan pembangunan SDM. 

Dalam pandangan kami bahwa SDM masyarakat yang rendah memerlukan peningkatan pendidikan dan ketrampilan, untuk itu diperlukan pemberdayaan masyarakat dan generasi muda dengan meningkatan ketrampilan sesuai kebutuhan dan perkembangan masyarakat. Disamping itu pula menunjukkan bahwa perkembangan Aceh Timur jauh dari harapan masyarakat. Penguasa, terutama pengusaha terdahulu, hanya berpikir tentang kekuasaan semata tanpa mempedulikan kehidupan rakyat.

Melihat fenomena tersebut, Semiloka ini mencoba untuk menggali, menginventarisasi dan mengembangkan tentang potensi-potensi sumber daya alam yang ada dan tingkat pemanfaatannya yang dimiliki oleh daerah agar dapat dikembangkan dalam jangka menengah dan jangka panjang. Sementara jadwal pelaksanaan Kegiatan Seminar Lokakarya ini akan disesuaikan kemudian.

Dari koordinasi dan diskusi ini, Ketua Tim Indonesia Maju Aceh Timur Yonnas RH menyampaikan kepada Pj. Bupati bahwa rencana ini harus terlaksana sesuai target, dan akan berusaha membantu maksimal serta memfasilitasi rencana ini, “Generasi Milenial dan Karang Taruna Bangkit Bersama, Tumbuh dalam Kesetiakawanan, demi Aceh Timur Bersatu Sejahtera


Editor: red

Komentar

Terkini